Peningkatan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Monopoli Pintar pada Siswa Kelas V SDN Sendangmulyo 02
Keywords:
Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Media Monopoli PintarAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Monopoli Pintar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan terdiri dari tiga siklus. tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan subjek penelitian 20 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Dari hasil penelitian kemampuan berpikir kritis menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II mencapai rata-rata 70 dan mengalami peningkatan pada siklus III mencapai 78,57. Dari penelitian maka ketuntasan belajar siswa dapat diperoleh dari siklus II ada III. Pada siklus I tuntas (55%), pada siklus II meningkat 14 siswa Tuntas (70%) dan pada siklus ke III menjadi 17 siswa tuntas (85%). Hal tersebut membuktikan bahwa peningkatan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui model Problem Based Learning berbantuan media Monopoli Pintar pada kelas V SDN Sendangmulyo 02. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sendangmulyo 02 dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis siswa dapat meningkat melalui model Problem Based Learning berbantuan media Monopoli Pintar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Sendangmulyo 02. Peneliti menyarankan agar dalam menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media Monopoli Pintar guru harus lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa pada kegiatan pembelajaran.
References
Alita, Khintan Ustino,dkk. (2019). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Ledok 5 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu Vol 3 (1). 170-173.
Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Mulyani, E. A. (2021). Desain Grafis. Bandung: Media Sains Indonesia.
Murtono. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo. Wade Group
Nurhayati, Riah. (2022). Peningkatan keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Camva Tema 1 Kelas II SD Sarirejo Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4.(05)
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syaifuddin, Muhammad. (2017) .Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol 02 (2). 139-144.
Yuniastuti, Miftakhuddin, & khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Surabaya: Scopindo.
Alec Fisher. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Faiz, Fahruddin. (2012). Thinking Skill Pengantar Menuju Berpikir Kritis.Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada