PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PBL BERBANTU WORDWALL PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IB SDN PANDEANLAMPER 03
Keywords:
Motivasi belajar, PBL, WordwallAbstract
Rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan pancasila disebabkan oleh kurang fokusnya peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 1 B pada mata pelajaran Pendidikan pancasila dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantu wordwall. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 28 peserta didik dengan variable terikat motivasi belajar dan variable bebas penggunaan model PBL berbantu wordwall. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang menunjukkan bahwa peserta didik mengalamai kenaikan pada lembar observasi kegiatan pembelajaran dari pra siklus 56%, siklus I 69 % dan siklus II 81%, sedangkan pada lembar angket mengalami kenaikan dari rata-rata prasiklus 59, siklus I 77 dan siklus II sebesar 93 artinya terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas I B SDN Pandeanlamper 03 pada mata pelajaran Pendidikan pancasila materi aku suka gotong royong dengan menggunakan model PBL berbantu wordwall.
References
Afiyanti Izzah Nadiadian Ayu Afiani, Dan Ishmatun Nailakunti. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, Vol. 12, No. 01.
Anirs.,. (2017). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Edisi Revisi. Jl. Sawo Raya No.18 Jakarta 13220: Pt.Bumi Aksara.
Ardis Nur Irsyad Surahmawandkk. (2021). Penggunaan Media Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. Proceeding Of Integrative Science Ecucation Seminar, Vol. 1, H.4.
Azizahanisatul. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna. Prodi Pendidikan Guru Mi, 3(1), 15-22.
Badaruddinachmad. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Yogyakarta: Cv Abe Kreatifindo.
Darmadih. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Dina Aprianitahir, Irma Suryani Rizkimuhammad. (2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sdn 19 Mataram 2022/2023. Journal Of Science Instruction And Technology, Vol. 3 No. 1. 2023: 24-
Endah Parawangsaanggraeni Dewi, Dan Yayang Furi Furnamasaridinie. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No. 3.
Eryuna Irmawatiwibawasutrisna. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Pkn Dengan Model Pembelajaran Problem.
Based Learning Terintegrasi Windows Shopping. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 01.
Farhaniahsiti. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. Niversitas Islam Negeru Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 17-18. Dipublikasikan.
Fetra Bonita Sariamini, Mrisda. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 4 Nomor 4.
Galih Puji Mulyotomiftahusyai’an, Dan Nur Hidayah Hanifahm. (2020). Konsep Dasar Dan Pengembangan Pembelajaran Ppkn Untuk Mi/Sd,. Jakarta: Publica Institute.
Heldianty& Tampubolon, Ty.,. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Teknik Polya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi Di Kelas X Semester Ii Sman 1 Batang Kuis T.P 2018/2019. . Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (Inpafi), 9(3), 82–88.
Ina Magdelenasyaiful Haq, Dan Fadlatul Ramdhanahmad. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, Vol. 2, No. 3.
Kompri. (2015 ). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. 5(02).
Layyinanursyahadiyah, F., & Listyarini, Ih.,. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas V Sdn Peterongan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(1), 3370–3378.
Lestarititikendang. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Permanap., & Kasriman, K.S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Ips Kelas Iv. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839.
Rahmadani& Taufina, Tr.,. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (Pbl) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946.
Rinawati. (2020). Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 Di Sd Negeri 14 Bengkulu Selatan . Bengkulu , 1-91.
Salimdan Moh.Rasidi. (2021). Pola Asuh Anak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar,. Lamongan: Academia Publication.
Setiawana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran . Book 09(02) 193-210.
Sinagam., & Soesanto, R. Hy. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan Melalui Media Wordwall Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857.
Siregarsafa’atasep. (2019). Problematika Dan Tantangan Pendidikan Kita. Indonesia: Guepedia.
Suardimoh. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sudarsonosusilo. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Ganjil Genap Kelas Ii Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 09, No. 08.
Sudibjolukita Dan Nikodyah. (2021). Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidkan, Vol. 10, No. 1. Suralagaf. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi Dalam Pembelajaran. Persada: Pt Raja Grafindo .
Syahmuhibbin. (2017). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada,.
Unob.Hamzah. (2016). Teori Motivasi Belajar Dan Pengukurannya. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Warsowasisto Dwi Dosoagus. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi Contohnya. Yogyakarta: Deepublish.
Wijayafahreza, F., & Kistian, A.R.,. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokratis Siswa Pada Pelajaran Pkn Kelas V Di Sd Negeri Paya Peunaga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (2).