Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model PBL Berbantu Media Kahoot Di Kelas V SD Supriyadi Semarang

Authors

  • Lutfi Zakiyyah Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Sapto Armin Wibowo Guru SD Supriyadi Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Model PBL, Media Kahoot

Abstract

Hasil belajar peserta didik berdasarkan dari wawancara peneliti dengan guru kelas tergolong masih rendah pada mata pelajaran IPAS  hal tersebut dibuktikan dengan tahap pra siklus yang mendapatkan data dengan jumlah persentase 48% peserta didik yang tuntas dan 52% peserta didik yang tidak tuntas dari keseluruhan 25 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media kahoot pada siswa kelas V SD Supriyadi Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V B yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral yang mana penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data adalah, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media kahoot dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dengan persentase ketuntasan klasikal peserta didik sebesar  48 % dari data prasiklus , menjadi   76% dari data siklus I dan meningkat  Sebesar 92% dari data siklus II Sedangkan  nilai rata-rata siswa sebesar 64 dari data pra siklus menjadi 72,00  dari data siklus I, kemudian dilanjutkan perlakuan siklus II dikarenakan masih terdapat 6 siswa yang nilainya tidak tuntas pada Mata Pelajaran IPAS kelas V , pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,6.

References

Aceng Cucu Bunyamin, dkk. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas Jurnal Kehumasan, 3(1), 43-50.

Agustin Sukses Dakhi. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-470.

Ayu Nanda S, dan I. Made Ari Winangun. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Mandiri di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54.

Bella Ramadhanty Putri, dkk. (2019). Penggunaan Media Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-F SMP Negeri 92 Jakarta). Edukasi IPS, 3(2), 27-36.

Inggit Dyaning Wijayanti, dkk. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Muis, Muhammad. Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Teori dan Penerapannya. Caremedia Communication, 2019.

Nanda, Indra, Hasan Sayfullah, dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. CV. Adanu Abimata, 2021.

Rinesti Witasari. (2021). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Jurnal of Indonesian Elementary School and Education, 01(01), 1-8.

Safaat Zuhri. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Di Kelas V Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 18-26.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Zakiyyah, L., Andri Nugroho, A., & Armin Wibowo, S. (2025). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model PBL Berbantu Media Kahoot Di Kelas V SD Supriyadi Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 164–170. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5919

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar