Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SD N Panggung Lor Semarang
Keywords:
Motivasi Belajar Peserta didik, Wordwall, Pembelajaran Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dengan game wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam belajar khususnya pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Berdasarkan observasi kurangnya motivasi belajar peserta didik disebabkan karena kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan kegemaran peserta didik yang sering bermaian pada saat jam kosong maupun ketika jam istirahat, hal ini yang mendasari peneliti untuk membuat penelitian tindakan kelas menggunakan media pembelajaran game wordwall. Penelitian ini dilakukan di SD N Panggung Lor dan akan membahas tentang peningkatan motivasi belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 1 SD dengan menggunakan aplikasi wordwall. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tahap pra siklus diperoleh nilai 45,9 , siklus I diperoleh nilai 53,6 dan siklus II diperoleh nilai 77,9 . Nilai tersebut mengalami peningkatan dan telah mencapai indicator yang telah di tentukan. Dari hasil tersebut terbukti bahwasanya pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menerapkan media berbasis wordwall mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 742–751.
Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1974
Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Pena Sains, 4(1), 17.
Jalinus, N. & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran (Pertama). Jakarta: Kencana.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.15294/jpk.v4i1.13742
Nugrahini, R. W., & Margunani, M. (2015). The Effect of Family Environment and Internet Usage on Learning Motivation. Jurnal Dinamika Pendidikan Unnes, 10(2), 166–175.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.
Pradani. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pemebelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 450-460.
Pranata, P. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SMP Negeri 2 Singaraja. Dalam Mimbar Ilmu (hal. 122-130).
Pratiwi, D. (2017). Validitas Kartu Bio Quartet Berorientasi Joyful Learning Sebagai Sumbel Belajar Untuk Pemantapan Materi Eubacteria Di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dasar. 6, 6.
Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54622
Sari, P.M., & Yarza, HN (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kuis Dan Wordwall Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Guru Sdit Al-Kahfi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif, 4 (2), 195-199.
Sari, R.N., Nazmi, R., & Zulfa, Z. (2021). Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X Mipa Sma 2 Lubuk Basung. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6 (2), 76-83.
Sartika, R. (2017). Implementing Word Wall Strategy In Teaching Writing Descriptive Text For Junior High School Students. Journal Of English And Education, 5(2), 179 – 186.
Undang - Undang Republik Indonesia. (2003). Undang - Undang Tentang Sistem Pembelajaran Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003
Prima Mutia Sari dan Husnin Nahry Yarza, PelatihanPenggunaan Aplikasi Quizizz dan WordWall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-guru SDIT Al-Kahfi. (Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol. 4 No. 2. 2021) h. 196
Shilphy A. Octavia, Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja, (Yogyakarta: Deepublish, 2020), h. 65.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Belajar dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2006.
Wahyu Siti Juliana, dkk. Efektivitas Media Pembelajaran Word Wall Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas VI. (Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Vol. 3. 2020) h. 730