Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Heading Sepakbola Pada Siswa Kelas X 1 Sma N 9 Semarang

Authors

  • Alnoro Arifmatulloh Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Alimin SMA Negeri 9 Semarang

Keywords:

TaRL, Heading, Sepakbola

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pendekatan yang efisien untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam metode dasar heading sepak bola melalui penerapan metode pengajaran Teaching at The Right Level (TaRL). Metodologi penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 36 siswa kelas X 1 SMA Negeri 9 Semarang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi TaRL berhasil meningkatkan hasil pembelajaran heading sepak bola pada pembelajaran pendidikan jasmani. Proporsi awal siswa yang berhasil melakukan teknik dasar heading sepak bola sebelum mendapat intervensi TaRL adalah 36%. Setelah penerapan intervensi TaRL, proporsi akhir siswa yang berhasil melakukan gerakan meningkat menjadi 83%. Penggunaan strategi TaRL dalam pengajaran pendidikan jasmani terbukti meningkatkan hasil belajar heading sepak bola.

Author Biography

Bertika Kusuma Prastiwi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N. And Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Tarl Dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik Di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), Pp. 5241–5246. Doi: 10.54371/Jiip.V5i11.1242.

Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, Pp. 1–17. Available At: Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/5510/5/Bab 2.Pdf.

Amin, H. And Adnan, A. (2020). Studi Tentang Beberapa Komponen Kondisi Fisik Atlet Bolavoli Smk Negeri 1 Kota Solok. Jurnal Patriot, 2(1), Pp. 265–276.

Andini, D. W. (2022). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif’. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 2(3), Pp. 340–349. Doi: 10.30738/Trihayu.V2i3.725.

Burhanuddin, I. And Maida, A. N. (2023). Penerapan Metode Kerja Individu Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Merias Wajah Pengantin Adat Bugis Di Smk Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. Jovi:Journal Of Vocational Instruction, 2(1), P. 29. Doi: 10.55754/Jov.V2i1.46838.

Fauziah Nasution, Lili Yulia Anggraini, K. P. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, Dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 9(2), Pp. 356–363.

Lutfiani, L., Saefuddin, A. And Rohaniawati, D. (2021). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), Pp. 55–64. Doi: 10.51276/Edu.V2i1.78.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal Of Creative Student Research, 1(2), Pp. 81–91.

Suharyani, S., Suarti, N. K. A. And Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di Sd It Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), P. 470. Doi: 10.33394/Jtp.V8i2.7590.

Syah, D. F., Suryaningsih, L. And Ridwan, M. (2024). Optimalisasi Hasil Belajar Gerak Dasar Shooting Sepak Bola Melalui Pendekatan Tarl. Jurnal Keolahragaan Juara, 2, Pp. 164–170.

Ulfah, A. Et Al. (2023). Tarl-Based Differentiated Learning Model Training For Primary School Teachers In Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series, 6(3), Pp. 348–356. Doi: 10.20961/Shes.V6i3.82370.

Yatmi, H. A., Wahyudi, W. And Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), Pp. 287–295. Doi: 10.29303/Jpft.V5i2.1327.

Yona Mahatmasari, P. (2018). Pengaruh Latihan Sepakbola Empat Gawang Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Passing-Stopping Bermain Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1), Pp. 1–12.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Alnoro Arifmatulloh, Bertika Kusuma Prastiwi, & Muhammad Alimin. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Heading Sepakbola Pada Siswa Kelas X 1 Sma N 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010136. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6969

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.