Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan TaRL Berbantu LKPD untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 5 Semarang

Authors

  • Nur Hidayah Universitas PGRI Semarang
  • Sugiyanti Universitas PGRI Semarang
  • Prastomo Budiargo SMA Negeri 5 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, PBL, TaRL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan TaRL berbantuan LKPD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 5 Semarang yang berjumlah 36 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 20 siswa Perempuan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari kegiatan plan, do, see. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari Modul Ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data ketercapaian hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu sebesar 75. Indikator keberhasilan ditentukan oleh tingkat ketuntasan belajar klasikal minimal mencapai 75% dari banyak siswa. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 72,22% dari sebelum diberikan perlakuan sebesar 52,78%, siklus 2 sebesar 80,56% dengan siklus 2 yang mengalami perbaikan pada proses pembelajaran dan media LKPD dibandingkan siklus 1. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model PBL dengan pendekatan TaRL berbantu LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-5 SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2023/2024 khususnya pada materi statistika.

References

Adla, S, R., & Maulia, S, T. (2023). Transisi Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, I(2), 262-270.

Hawala, N. & Lase, F. (2022). Mengetaskan Hoax Dengan Membaca Pemahaman Di Era Digital. Educativo : Jurnal Pendidikan, 1(1), 235 – 243.

Heriyati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Elaborasi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 2(1), 75-83.

Husnidar & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris : Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 067 – 072.

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1).

Nurdiyanto, T., Rafida, I., Nuhadila, Aulia, Winarni, S. (2020) . Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas XI. JES-MAT, 6(1), 37-54.

Putri, R.H. dan Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu , 26(1), 138 – 148.

Rafika, Y. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament Berbantu Media Card Sort Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Ikhwanul Djauharlah (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Risdianti, A., Bayu Wardani, Lilik Ariyanto. (2023). Pendekatan TaRL Model PBL dengan Corrective Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1450.

Sanisah, S., Edi, E., Darmurtika, L. A., & Arif, A. (2023). Pendampingan Implementasi Pendekatan TaRL (teaching at the right level) untuk Meningkatkkan Kemampuan Literasi Murid. JCES (Journal of Character Education Society), 6(2), 440-453

Saputri, R, I., Alzaber, Rezi A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Swasta Bina Siswa. Aksiomatik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, VII(2), 85.

Sugiarto, S., Aini, R. Q., & Suhendra, R. (2023). Pelatihan Impelemtasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taliwang. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76-80.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains : Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49-59.

Zaeni, Z., Aulia, J., Hidayah, H., & Fatichatul, F. (2017). Analisis Keaktifan Siswa Melalui penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 Di SMAN 15 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Hidayah, N., Sugiyanti, & Budiargo, P. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan TaRL Berbantu LKPD untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 5 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 359–365. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6243

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)