PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN TARL PADA PESERTA DIDIK KELAS X PM 3 SMK NEGERI 2 SEMARANG

Authors

  • IdaNurjannah Universitas PGRI Semarang
  • Suprihatin SMK Negeri 2 Semarang
  • Lilik Ariyanto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran berbasis masalah (PBL), pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X PM 3 SMK Negeri 2 Semarang melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan pendekatan Teach at the Right Level (TaRL). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dari Siklus 1 ke Siklus 2. Pada Siklus 1, rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah 80,89 dengan persentase ketuntasan 88,6%. Setelah dilakukan perbaikan pada Siklus 2, rata-rata nilai meningkat menjadi 93 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Berdasarkan hasil observasi, peserta didik terlihat lebih antusias dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Mereka mampu memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban dengan bimbingan guru sesuai tingkat kemampuan masing-masing kelompok. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan pendekatan Teach at the Right Level (TaRL) terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X PM 3 SMK Negeri 2 Semarang.

References

(J-PAL)Latif Jameel Poverty Action LabAbdul. (2018). Teaching at the Right Level to improve learning. J- PAL Evidence to Policy Case Study.

Kemendikbudristek. (2023). https://pusatinformasi.guru.kemdi kbud.go.id/hc/en-us/articles/14142735013145- Pengajaran-Sesuai-dengan- Tingkat- Kemampuan-Peserta- Didik

Mirdad, J. (2020). Model-model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.

Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Gresik: Caremedia Communication.

Nadhifah, G., & Afriyansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.

Polya, G. (2014). Dipetik Mei 20, 2024, dari How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method: https://books.google.co.id/books

Rosita, N., Rahayu, W., & Makmuri, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Concept Matematis dengan Pendekatan PMRI di SMP Daar Rn Nisa Islamic School. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 46-53.

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Metode, Kaidah Penulisan,dan Publikasi) (1 st ed). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Yazgan, Y. (2015). Sixth graders and non- routine problems : Which

strategies are decisive for. 10(13), 1807-1816.

Yusri, Y. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika(1), 51-62

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

IdaNurjannah, Suprihatin, & Ariyanto, L. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN TARL PADA PESERTA DIDIK KELAS X PM 3 SMK NEGERI 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 98–104. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6306

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)