Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Permainan Engklek Pada Siswa Kelas VII E SMPN 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Muhammad Khoirun Najib Universitas PGRI Semarang
  • Husnul Hadi Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Sriyani SMP Negeri 37 Semarang

Keywords:

pembelajaran, penelitian tindakan kelas, lompat jauh

Abstract

ABSTRAK

Lompat jauh merupakan cabang olahraga yang mengintegrasikan unsur lari, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan untuk mencapai jarak sejauh mungkin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran lompat jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran permainan engklek dalam meningkatkan motivasi belajar dan perkembangan motorik siswa kelas VII E SMPN 37 Semarang.

Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang melibatkan 32 siswa. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa observasi dan tes unjuk kerja, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan (pre-test), hanya 16 siswa (50%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Setelah siklus pertama dan kedua, hasil meningkat menjadi 20 siswa (62,5%) dan 22 siswa (68,7%) pada post-test.

Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan permainan engklek dan latihan drill efektif dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh. Peneliti menyarankan agar guru PJOK menggunakan variasi pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran olahraga lainnya.

Author Biographies

Muhammad Khoirun Najib, Universitas PGRI Semarang

Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang

Husnul Hadi, Universitas PGRI Semarang

Jurusan Pendidikan Jasmani Rekreasi dan Kesehatan Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang

Fajar Ari Widiyatmoko, Universitas PGRI Semarang

Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang

References

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. 4. http://repo.iain-

Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran.

Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653

Halim, A., Savitri Noor, L., Putu, I., Dharma Hita, A., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN JASMANI. Community Development Journal, 4(2), 1601–1606.

Imam Abdul Hafidz, Rolly Afrinaldi, & Muhammad Mury Syafei. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. 104–109. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO

Indriyani, D., Yusuf Muslihin, H., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349–354. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index

Nurfauzan, P. (2018). PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH SISWA PADA PEMBELAJARAN ATLETIK DI SEKOLAH DASAR. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 254. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.77

Puspitasari, R. N. (2016). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL KARETAN TERHADAP PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR ATLETIK LOMPAT JAUH.

Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran.

Syamsul Arifin. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Multilateral.

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Ukti Lutvaidah. (2015). PENGARUH METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA.

Yulia Sari, Y., Putri Ulfani, D., & Ramos, M. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Vol. 6, Issue 2). https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Muhammad Khoirun Najib, M. K. N., Husnul Hadi, H. H., Fajar Ari Widiyatmoko, F. A. W., & Sriyani, S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Permainan Engklek Pada Siswa Kelas VII E SMPN 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020285. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6985

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.