MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS X AKL 3 SMK NEGERI 2 SEMARANG

Authors

  • Fatkhan Yusuf Anggulian Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Puput Tri Hartanti SMK Negeri 2 Semarang

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, TGT, Pendidikan Pancasila

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan kemjuan bangsa. Pendidikan dapat ditempuh baik secara formal maupun non formal. Sekolah sebagai institusi pendidikan formal dituntut untuk dapat mencetak generasi yang cerdas, terampil dan bermoral. Maka dari itu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan memperbaiki proses belajar mengajar. Karakteristik kelas X AKL 3 SMKN 2 Semarang secara umum sudah baik namun yang menjadi masalah adalah ketika mata pelajaran Pendidikan Pancasila berada di jam-jam terakhir. Pada jam terakhir para siswa biasanya sudah kehilangan semangat dan kurang fokus dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dikarenakan kelelahan dan suasana siang hari yang kurang nyaman untuk belajar. Dan tidak sedikit pula siswa yang mengantuk saat Pelajaran.

Teknologi dalam dunia pendidikan adalah suatu sistem yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diingingkan. Implementasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia adalah teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, alat administratif, dan sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas melalui metode TGT dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang meningkat dari setiap siklus, I pertemuan pertama hingga di siklus II pada pertemuan berikutnya. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis pada siswa pun menjadi meningkat. Pada siklus I sebanyak 63,8% siswa yang tidak tuntas pada materi NKRI dan Kedaulatannya. Namun, dalam siklus II menurun hingga 19,5% atau setara dengan 8 siswa yang tidak tuntas setelah diberikan metode Teams Games Tournament.

References

Dermawan, Deden Dicky dan Panji Maulana. Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PENDIDIKAN PANCASILA di Sekolah. J. Elementaria Edukasia. 6 (4): 1572.

Husnidar, dkk. 2014. ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Peserta didik’. Dalam Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No. 1.

Ismila, N. S., & Iskandar, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Penerapan Model Pembelajaan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Murid Kelas V. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, 2(2), 89-96.

Liliasari. 2003. Peningkatan Mutu Guru dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi melalui Model Pembelajaran Kapita Selekta Kimia Sekolah Lanjutan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 3 (8): 175.

Prima Mutia Sari dan Husnin Nahry Yarza, PelatihanPenggunaan Aplikasi Quizizz dan Word Wall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-guru SDIT Al-Kahfi. (Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol. 4 No. 2. 2021) h. 196.

Randi, R. S. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 3 PONTIANAK. Satya Widya, 39(2), 87-96.

Rahayu, S. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KOKAMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI TERMOKIMIA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Wahyu Siti Juliana, dkk. Efektivitas Media Pembelajaran Word Wall Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas VI. (Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Vol. 3. 2020) h. 730

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Anggulian, F. Y., Suneki, S., & Hartanti, P. T. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS X AKL 3 SMK NEGERI 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 156–163. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5974

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.