UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DALAM LAYANAN KLASIKAL SMK NEGERI 7 SEMARANG
Keywords:
interaksi sosial, Bimbingan klasikalAbstract
Interaksi sosial pada siswa merupakan aspek penting yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan sosial yang diperlukan di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik role playing dalam meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas XI TKR 2 di SMK N 7 Semarang sejumlah 36 siswa. Pendekatan penelitian dengan metode eksperimen dengan tindakan Bimbingan klasikal dengan Teknik role playing. Sampel penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas
XI TKR 2 di SMK N 7 Semarang. Dengan penilaian interaksi sosial dengan angket. Didapatkan hasil bahwa kondisi awal interaksi sosial peserta didik dengan rata-rata prosentase keberhasilan sebesar 56,74%. yang artinya tingkat interaksi sosial yang dimiliki peserta didik masih berada dalam tingkat rendah. Kondisi interaksi sosial peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing rata-rata prosentase keberhasilan interaksi sosial peserta didik sebesar 83,72%. Pemberian layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing memiliki pengaruh dalam meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas XI TKR 2 di SMK Negeri 7 Semarang.
References
Arviani, S., & Setiawati, D. (2018). Pemanfaatan Wayang Profesi dalam Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Wawasan dan Kesiapan Karir Kelas Olahraga (VII-A) di SMPN 3 Gresik. Jurnal BK UNESA, 8(1).
Badrujaman, Aip & Hidayat, Dede Rahmat. (2012). Penelitian Tindakan dalam. Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Bonner, Hubert.1992.Social Psychology.New York, American Book Company.
Fandini, S. H., & Purwoko, B. (2018). Pengembangan Adobe Flash sebagai Media Layanan Informasi Peminatan Studi Lanjut SMA dan Sederajat Untuk Siswa Kelas IX SMPN 5
Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 8(1).
Fatnar, Virgia N., & Choirul Anam. "Kemampuan Interaksi Sosial antara Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal Bersama Keluarga." Empathy, vol. 2, no. 2, Dec. 2014, pp. 71-75.
Febrita, Dhea, Pudji Hartuti, & Rita Sinthia, (2014) „Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio- Visual Terhadap Hubungan Sosial Teman Sebaya Siswa Di Kelas VII Di SMPN 4 Kota Bengkulu‟ Universitas Bengkulu,
Kusuma, Ardi Wira. 2018. Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang Volume 7 Number 1 2018
Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling. Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta.
Missy, A. 2018. Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Persepsi Siswa Tentang Bimbingan dan Konseling di SMPN 3 SAWAHLUNTO. (Skripsi).
UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat.
Novi Andriati. (2015).
Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan Konseling 4 (1)
Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 Tentang. Bimbingan Dan Konseling. Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Rohmah, D. S., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. 2021. Layanan Bimbingan Klasikal untuk Siswa Kelas X yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah SMA Asshiddiqiyah Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 81-88.
Santrock, John W. (2015). Perkembangan Anak. Erlangga: Jakarta
Soerjono Soekanto. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RajaWali Press. Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R &
D. Bandung: Alfabeta.
Wahab, Abdul Aziz. (2007). Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.
Walgito. (2019). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: C.V Andi Offset
Widia Sartika. (2013). Masalah- Masalah Interaksi Sosial Siswa Dengan Teman Sebaya Di Sekolah. KONSELOR Jurnal Ilmiah Konseling Hlm 141 – 145 Volume 2 Nomor 1
Januari 2013