Model Problem Based Learning Berbantu Media Kotak Sifat Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas Va

Authors

  • Hanif Firmansyah , Endang Wuryandini, Intan Octavira Pitarti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Project Based Learning, Kotak Sifat Cahaya, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA pada materi IPAS tentang cahaya dan sifatnya dengan
berbantu media Kotak Sifat Cahaya di SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan selama tiga siklus. Penilaian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada
setiap siklus. Pada siklus satu, peserta didik yang tuntas adalah 10 orang atau persentase 37% sedangkan
yang tidak tuntas adalah 17 peserta didik atau persentase tidak tuntas 63%. Pada siklus II peserta didik
yang tuntas adalah 19 atau persentase 70% sedangkan yang tidak tuntas adalah 8 peserta didik atau
persentase tidak tuntas 30%. Pada siklus III peserta didik yang tuntas adalah 25 peserta didik atau
persentase 93% sedangkan yang tidak tuntas adalah 3 peserta didik atau persentase tidak tuntas 7%. Hal
tersebut menunjukkan hasil belajar peserta didik telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 80%.
Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS berbantu
media Kotak Sifat Cahaya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA SDN Bugangan 03 dapat
meningkat.

References

Elihami, E., & Syahid, A. (2018).

Penerapan pembelajaran pendidikan

agama islam dalam membentuk

karakter pribadi yang

islami. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 2(1), 79-96.

Suwartini, S. (2018). Pengembangan Buku

Ajar Pendidikan Karakter dengan

Pendekatan Pembelajaran Berbasis

Soft Skill Pada Siswa SD Kelas

II. Jurnal Educhild: Pendidikan dan

Sosial, 7(2), 102-106.

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha,

M., Ndururu, K., & Ndururu, M.

(2020). Peningkatan hasil belajar

IPA pada model pembelajaran

Creative Problem Solving

(CPS). Musamus Journal of

Primary Education, 3(1), 1-18.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018).

Meningkatkan hasil belajar siswa

dengan menggunakan alat peraga

pada mata pelajaran IPA kelas IV

SDN Nomor 14 Simbolon

Purba. School Education Journal

PGSD FIP Unimed, 8(2), 121-129.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., &

Elihami, E. (2020). Strategi

pembelajaran aktif dalam

meningkatkan motivasi belajar pkn

peserta didik. Mahaguru: Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 1(1), 30-41.

Sitorus, E. R. (2015). Peningkatan Hasil

Belajar IPA Kompetensi Dasar

Sistem Koordinasi dan Alat Indera

Manusia Melalui Metode

Pembelajaran Resitasi Pada Peserta

Didik. Faktor: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 1(2).

Nurmayani, L., & Doyan, A. (2018).

Pengaruh model pembelajaran

inkuiri terbimbing terhadap hasil

belajar fisika peserta didik. Jurnal

Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020).

Pengaruh pembelajaran daring

terhadap minat belajar siswa pada

masa covid 19. Edukatif: Jurnal

Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Kelas II SDN

Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains

Global Indonesia, 2(2), 49-59.

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B.

(2018). Efektivitas Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Berbantuan Video Based

Laboratory Terhadap Peningkatan

Pemahaman Konsep Fisika. JPF

(Jurnal Pendidikan Fisika)

Universitas Islam Negeri Alauddin

Makassar, 6(2), 57-64.

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani,

K. W. (2019). Peningkatan

Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Kelas 5 Menggunakan Model Mind

Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah

Dasar, 3(1), 10-16.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Firmansyah, H. (2023). Model Problem Based Learning Berbantu Media Kotak Sifat Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas Va. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2534–2539. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5410

Issue

Section

Prosiding 2023