Model Problem Based Learning Berbantu Media Kotak Sifat Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas Va
Keywords:
Project Based Learning, Kotak Sifat Cahaya, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA pada materi IPAS tentang cahaya dan sifatnya dengan
berbantu media Kotak Sifat Cahaya di SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan selama tiga siklus. Penilaian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada
setiap siklus. Pada siklus satu, peserta didik yang tuntas adalah 10 orang atau persentase 37% sedangkan
yang tidak tuntas adalah 17 peserta didik atau persentase tidak tuntas 63%. Pada siklus II peserta didik
yang tuntas adalah 19 atau persentase 70% sedangkan yang tidak tuntas adalah 8 peserta didik atau
persentase tidak tuntas 30%. Pada siklus III peserta didik yang tuntas adalah 25 peserta didik atau
persentase 93% sedangkan yang tidak tuntas adalah 3 peserta didik atau persentase tidak tuntas 7%. Hal
tersebut menunjukkan hasil belajar peserta didik telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 80%.
Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS berbantu
media Kotak Sifat Cahaya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA SDN Bugangan 03 dapat
meningkat.
References
Elihami, E., & Syahid, A. (2018).
Penerapan pembelajaran pendidikan
agama islam dalam membentuk
karakter pribadi yang
islami. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 2(1), 79-96.
Suwartini, S. (2018). Pengembangan Buku
Ajar Pendidikan Karakter dengan
Pendekatan Pembelajaran Berbasis
Soft Skill Pada Siswa SD Kelas
II. Jurnal Educhild: Pendidikan dan
Sosial, 7(2), 102-106.
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha,
M., Ndururu, K., & Ndururu, M.
(2020). Peningkatan hasil belajar
IPA pada model pembelajaran
Creative Problem Solving
(CPS). Musamus Journal of
Primary Education, 3(1), 1-18.
Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018).
Meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menggunakan alat peraga
pada mata pelajaran IPA kelas IV
SDN Nomor 14 Simbolon
Purba. School Education Journal
PGSD FIP Unimed, 8(2), 121-129.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., &
Elihami, E. (2020). Strategi
pembelajaran aktif dalam
meningkatkan motivasi belajar pkn
peserta didik. Mahaguru: Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 1(1), 30-41.
Sitorus, E. R. (2015). Peningkatan Hasil
Belajar IPA Kompetensi Dasar
Sistem Koordinasi dan Alat Indera
Manusia Melalui Metode
Pembelajaran Resitasi Pada Peserta
Didik. Faktor: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 1(2).
Nurmayani, L., & Doyan, A. (2018).
Pengaruh model pembelajaran
inkuiri terbimbing terhadap hasil
belajar fisika peserta didik. Jurnal
Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020).
Pengaruh pembelajaran daring
terhadap minat belajar siswa pada
masa covid 19. Edukatif: Jurnal
Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.
Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Kelas II SDN
Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains
Global Indonesia, 2(2), 49-59.
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B.
(2018). Efektivitas Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Berbantuan Video Based
Laboratory Terhadap Peningkatan
Pemahaman Konsep Fisika. JPF
(Jurnal Pendidikan Fisika)
Universitas Islam Negeri Alauddin
Makassar, 6(2), 57-64.
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani,
K. W. (2019). Peningkatan
Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
Kelas 5 Menggunakan Model Mind
Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah
Dasar, 3(1), 10-16.