Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Tolak Peluru melalui Model Pembelajaran PjBL pada Kelas X2 SMA Negeri 8 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Tolak Peluru, Media Modifikasi, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ketrampilan tolakan pada cabang olahraga atletik tolak peluru menggunakan media modifikasi alat di SMA N 8 Semarang dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas PTK. Penelitian ini berfokus pada upaya untuk mengubah kondisi nyata yang ada sekarang kearah yang diharapkan. Intrumen yang digunakan yaitu rubrik penilaian pada aspek keterampilan atau psikomotor dan penilaian sikap siswa atau afektif. Subjek penelitian ini berjumlah 34 peserta didik yang berasal dari kelas X2 SMA Negeri 8 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tolak peluru. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas X2 SMA Negeri 8 Semarang dalam materi Tolak Peluru dengan memodifikasi alat dengan menggunakan bola pasir sangat membantu dalam pembelajaranya. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran peserta didik sangat signifikan yaitu yang semula 26% menjadi 82%, sehingga tidak perlu adanya Tindakan lanjut pada siklus selanjutnya.
References
Agustan, D., dkk. (2020). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta.
Bahagia, A., & Suherman, A. (2000). Modifikasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Bloom, B. S., & Krathwohl, D. R. (2022). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. New York: Longman.
Budi, S. (2015). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Daryanto. (2013). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto, & Raharjo, M. (2012). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati, & Mudjiono. (2021). Belajar dan pembelajaran (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Guntur. (2009). Pendidikan jasmani dan olahraga. Jakarta: Erlangga.
Harsono. (2021). Latihan dan prestasi olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kosasih, E. (2014). Strategi pembelajaran inovatif. Bandung: Yrama Widya.
Kristiyanto, A. (2010). Penelitian tindakan kelas: Teori dan praktik. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhadi Santosa. (2009). Dasar-dasar pendidikan jasmani. Bandung: CV. Remaja Karya.
Reigeluth, C. M. (dalam Suprihatiningrum, J. (2017)). Strategi pembelajaran: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Sadirman, A. M. (dalam Susanto, A. (2016)). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (hlm. 11). Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2017). Strategi pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sepdanius, R., & Endang, M. (2019). Evaluasi dan asesmen dalam pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Siedentop, D. (1991). Developing teaching skills in physical education (3rd ed.). Mountain View, CA: Mayfield Publishing Company.
Siregar, E. (2014). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sosilowati, E. (2013). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan siswa. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Suherman, A. (2009). Model-model pembelajaran Penjas. Bandung: FPOK UPI.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi pembelajaran: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. (2021). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukintaka. (2019). Dasar-dasar atletik. Yogyakarta: FIK UNY Press.
Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan pembelajaran: Teori dan konsep dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2024). Model-model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, M. U., & Setiawati, L. (dalam Susanto, A. (2016)). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (hlm. 9). Jakarta: Kencana.
Widiasworo, P. (2016). Pembelajaran berbasis proyek: Teori dan implementasi. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Wiarto, H. (2015). Model pembelajaran pendidikan jasmani. Yogyakarta: UNY Press.
Yulianto, A., dkk. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek: Langkah-langkah dan implementasi. Jakarta: Pustaka Edu.
Yunus, M. (2020). Teknik dasar tolak peluru dan implementasinya dalam pendidikan jasmani. Jakarta: Kencana