Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Klasikal Metode Experiential learning Pada Siswa Kelas IX B SMP N 6 Semarang
Keywords:
layanan bimbingan klasikal, metode experiential learning, kepercayaan diriAbstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya masalah yaitu mempunyai kepercayaan diri rendah. Berdasarkan hasil AKPD ditemukan terdapat 21 siswa dengan presentase 66% dari total 32 siswa bahwa “siswa masih merasa belum memiliki rasa percaya diri”, dan dari hasil observasi ditemukan siswa masih menyontek saat ujian, siswa tidak mengerjakan tugas dan siswa masih sering bergantung dengan temannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode experiential learning dalam upayan kepercayaan diri pada siswa kelas IX B SMP Negeri 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX B SMP Negeri 6 semarang dengan jumlah 32 siswa sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil peneltian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa layanan bimbingan klasikal metode experiential learning secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri terhadap siswa kelas IX B SMP Negeri 6 Semarang. Data hasil pada kondisi awal atau sebelum dilakukannya layanan menunjukan sebanyak 23 siswa (72%) dalam kategori rendah, 8 siswa (25%) dalam kategori sedang, dan 1 siswa (3%) dalam kategori tinggi, dengan rata-rata presentase 66%. Di akhir siklus atau siklus II di peroleh sebanyak 0 siswa (0%) dalam kategori rendah, 9 siswa (28,13%) dalam kategori sedang dan 23 siswa (71,88%) dalam kategori tinggi, dengan rata-rata presentase 88,21%. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal menggunnakan metode experiential learning efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
References
Aticha Ardhianita S, dkk. 2023 “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Experiential learning pada Siswa Kelas XIAKLSMKN1 Paron”.SENASSDRA. Volume 2 (2), 555-561, 2023.
Andiyati. (2016). Hubungan Antara BodyImage dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Di Sma Negeri 2 Bantul. (Skripsi). Yogyakarta: UNY.
Fatimah. 2016. Psikologi Perkembangan:Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Faturohman. 2021. Hubungan Body Imagedengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.
Ghufron, M. N & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori psikologi. Ar- ruzz Media.Hakim, F. (2019). Keterampilan Berpikir Gambaran Tinggi Siswa Kelas XI dengan Model (Experiential learning) pada Materi Titrasi Asam Basa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 62-68.
Kolb, D.A. 1984. Experiential learning Experience As a Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall.
Lauster, P. (2012). Tes kepribadian. terjemahan D. H. Gulo. Bumi Aksara.
Lestari, I., Santoso, S., Rahmawati, A.2022. "Penguatan Karakter Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Experiential learning". Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, 524-529.
Makrifah, M., & N, (2014). Bimbingan Klasikal dalam Perspektif Proaktif. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 1-8.
Muhammad Fathurrohman, Model-Model Pembelajaran Inovatif (Jakarta: Ar-Ruzz Media.2015), h.134-135.
Ningrum, S. K. (2019). Pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP IT Ar Ridho Sei Mencirim tahun pembelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislman, 9(1), 49-60.
Sarastika, Pradipta. 2014. Sikap Minder dan Grogi, Saatnya Tampil Beda dan Percaya Diri. Yogyakarta: Araska.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian (Pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syaifullah. 2017. Tips Bisa Percaya Diri. Garailmu: Jogjakarta
Taraja. 2018. Studi Komparatif Tentang Kepercayaan Diri Remaja yang Berada di Panti asuhan Aisyiyah dan Muhammadiyah Dengan Remaja Yang Tinggal Bersama Orangtua Lengkap (Studi Pada Siswa SMP Muhammadiyah). Jurnal Psikologi, Vol 5 No.2 Desember 2009. Pekanbaru: Fak. Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim.
Zulfriadi Tanjung & Sinta Huri A. (2017). MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 1-4.