Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Problem Solving untuk Mengurangi Nomophobia Siswa Kelas XI TE 2 SMKN 4 Semarang
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Problem Solving, NomophobiaAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengurangi nomophobia pada siswa dengan memberikan sebuah tindakan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode problem solving. Penelitian ini dilakukan di SMK N 4 Semarang kota semarang dengan subyek penelitian kelas XI TE 2 yang terdiri dari 14 siswa perempuan, dan 22 siswa laki-laki dengan jumlah keseluruhan 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan kelas XI TE 2 masih mengalami nomophobia yang tinggi hal tersebut dibuktikan dengan hasil dari penyebaran instrumen skala psikologis nomophobia sebelum diberikan tindakan dengan presentase 77%. Dalam hal ini peneliti memberikan tindakan melalui layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan metode problem solving yang terdiri dari 2 siklus, hasil dari siklus I nomophia mengalami penurungan dengan presentase 68% atau dengan kategori sedang, kemudian pada siklus II mengalami penurungan yang sangat signifikan yaitu 45% atau dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan metode problem solving efektif untuk mengurangi nomophobia siswa kelas XI TE 2 SMK N 4 Semarang
References
Abdul Majid. (2013). Strategi
Pembelajaran. PT. Remaja
Rosdakarya.
Aguilera-Manrique, G., Márquez-
Hernández, V. V., Alcaraz-Córdoba, T., Granados-Gámez, G., Gutiérrez- Puertas, V., & Gutiérrez-Puertas, L. (2018). The relationship between nomophobia and the distraction associated with smartphone use among nursing students in their clinical practicum. PLoS ONE, 13(8), 1–14. PloS One, 13(8), 1–14.
https://doi.org/10.1371/journal.pone. 0202953
Agusta, D. (2016). Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. E- Journal Bimbingan Dan Konseling, Ed.3, Vol. 5(3)(Vol 5, No 3 Edisi Maret 2016), hh. 86-96. https://journal.student.uny.ac.id/ind ex.php/fipbk/article/view/1021
Angga Wiguna, Sang Gede., I Wayan Widiana, D. N. S. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD, 5(2).
Anisah, L. (2016). Kompetensi profesional konselor dalam penyelenggaraan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1).
Fandini, S.H., & P. B. (2018).
Pengembangan Adobe Flash sebagai Media Layanan Informasi Peminatan Studi Lanjut SMA dan Sederajat Untuk Siswa Kelas IX SMPN 5 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 8(1).
Ghofur, M. A., & Halimah, S. N. (2021). Nomophobia Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Anak (Studi Kasus). El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 59–70.
https://doi.org/10.54125/elbanar.v4i 2.63
Janna, Nilda Miftahul, and Herianto Herianto. "Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS." (2021).
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan.
King, A. L. S., Valença, A. M., Silva, A. C., Sancassiani, F., Machado, S., & Nardi,
A. E. (2014). “Nomophobia”: Impact of cell phone use interfering with symptoms and emotions of individuals with panic disorder compared with a control group. Clinical Practice and Epidemiology in Mental Health: CP & EMH, 10–28.
Komalasari, G., Wahyuni, E., Siwabessy, L., Hidayat, D. R., & Fitri, S. (2012). Modul Bimbingan dan Konseling. DKI Jakarta.
Mastur dan Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling. Paramitra.
Ningrum, B. D., Setiawaty, D., & Hidayat,
D. R. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMAHAMAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS X UNTUK PERENCANAAN KARIER DI SMK TUNAS HARAPAN
JAKARTA. INSIGHT: Jurnal
Bimbingan Konseling, 2(2), 25-30.
Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA).
Pavithra MB, Suwarna Madhukumar, M.
M. (2015). a Study on Nomophobia - Mobile Phone Dependence , Among Students of a Medical. National Journal of Community Medicine, 6(2), 340–344.
Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap No-Mobile Phone (Nomophobia) Di Sma Negeri Kota Padang. Ensiklopedia of Journal, 1(2), 34–37.
https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs
-2.4.8-
/index.php/ensiklopedia/article/vie w/25/50
Ramaita, Armaita, & Vandelis. (2019). Hubungan Ketergantungan Smartphone dengan Kecemasan (Nomophobia). (Jurnal Kesehatan). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Piala Sakti, Pariaman, Indonesia. Ramaita Armaita Vandelis, Pringga, 10, 89–
Sari, I. P., Ifdil, I., & Yendi, F. M. (2020). Konsep Nomophobia Pada Remaja Generasi Z. In Jurnal Riset Tindakan Indonesia (Vol. 22). JRTI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan Rnd (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Utomo Dananjaya. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.
Warisyah, Y. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 2016(November 2015), 130–138.
http://seminar.umpo.ac.id/index.ph p/semnasdik2015/article/download/ 212/213
Widiyanto, M. A. (2013). Statistik terapan: Konsep dan Aplikasi dalam penelitian bidang pendidikan, psikologi, dan ilmu sosial lainnya. PT Elex Media Komputindo.
Yildirim, C., & Correia, A. P. (2015). Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire. Computers in Human Behavior,. 49, 130–137. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.0 2.059
Yildirim. Caglar. (2014). Exploring The Dimensions Of Nomophobia: Developing And Validating A Questionnaire Using Mixed Methods Research. In Theses and Dissertations. Iowa State University Capstones.
Yildiz Durak, H. (2018). What would you do without your smartphone? Adolescent’s social media Usage, Locus of control, and Loneliness as Predictor of Nomophobia. Addicta: The Turkish Journal on Addictions, 5(3), 1–16.
https://doi.org/10.15805/addicta.201 8.5.2.0025
Yosepha Pusparisa. (2020). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Databoks.Katadata.Co.Id.