UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI TKR 1 SMK NEGERI 7 SEMARANG
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Project Based Learning, Komunikasi InterpersonalAbstract
Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan dari manusia sehari-hari, manusia merupakan makhluk sosial yang dalam kehidupannya tidak dapat hidup sendiri artinya manusia juga membutuhkan orang lain untuk menjalani kehidupannya. Permasalahan komunikasi interpersonal dialami oleh siswa kelas XI TKR 1 SMK Negeri 7 Semarang. Yang ditunjukkan berdasarkan hasil dari AKPD yang seblelumnya sudah disebar dan memiliki hasil sebagai berikut: Saya belum tahu cara berkomunikasi yang efektif dengan prosentase 2,61% (tinggi), Saya belum memahami etika dalam bergaul dengan prosentase 2,30% (tinggi), Saya belum bisa memiliki kepekaan diri dan sosial dengan prosentase 1.69% (sedang). Berdasarkan pada temuan permasalahan dalam asesmen awam maka peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TKR 1 SMK Negeri 7 Semarang”. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Konseling (PTBK) dengan melakukan penelitian pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan terkait komunikasi interpersonal peserta didik kelas XI TKR 1 di SMK N 7 Semarang dengan indikator keberhasilan 60% yang dilakukan pada prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan hasil akhir sebesar 68% yang artinya PTBK yang dilakukan ini berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebsar 60%.
References
Arsyad, N., Sinring, A., & Sutomo, M. R. (2023). Meningkatkan KeaktifanPeserta Didik Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Problem Based Learning. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 1099-1105.
Claretta, D. (2024). Efektivitas Komunikasi Interpersonal dalam Dukungan Sosial terhadap Penerimaan Diri Penderita Bipolar. JIIP-Jurnal Ilmiah IlmuPendidikan, 7(2), 1643-1647.
Fahrunnisa, H. (2018). Hubungan Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binjai (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
IMAGHFIROH,I. (2023). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KONTROL DIRI SISWA SMP N 34 SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Semarang).
Kesitawahyuningtyas, M. T., & Padmomartono, S. (2014). Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Getasan, Kabupaten Semarang. Satya Widya, 30(2), 63-70.
Kemdikbud, 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ PBL, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kholidya, E. A., Handaka, I. B., Setyowati, A., & Utomo, N. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal melalui Bimbingan Klasikal di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Gunung Putri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13394-13403.
Kumalasari, A. G., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial guru dengan pengungkapan diri (self disclosure) pada remaja. Jurnal Empati, 5(4), 640-644.
Kusasi, M. (2014). Hubungan empati dan komunikasi interpersonal dengan kualitas hidup. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 37-49.
Marpaung, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 16-22.
Muslikah, M. (2020). Keefektifan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 92-99.
Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(1).
Pujiastuti, M. I., & Suryani, H. H. S. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI MEDIA GAMES TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII C SMP N 2 KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta, 5(1).
Purnamasari, I., Suharso, S., & Sunawan, S. (2018). Kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa di SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 20-26.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358-369.
Ummah, N., Handayani, A., & Lestari, F. W. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMAN 1 Juwana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 679-684.
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168-2175.