Peningkatan Hasil Belajar Passing Permainan Sepak Bola Melalui Pendekatan TaRL Dalam Pembelajaran PJOK

Authors

  • Tias Dwi Kurniawati Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiati Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama Universitas PGRI Semarang
  • Sutarno SMK N 3 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, TaRL, Sepak Bola

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada keterampilan passing dalam permainan sepak bola. Salah satu faktor penyebabnya adalah pendekatan pembelajaran yang belum sepenuhnya mempertimbangkan perbedaan tingkat kemampuan kognitif dan keterampilan awal peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar passing melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), yaitu pendekatan yang mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan mereka guna memberikan pembelajaran yang lebih terarah, terfokus, dan sesuai kebutuhan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus di kelas X TE 2 SMK Negeri 3 Semarang dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 siswa. Evaluasi dilakukan pada aspek kognitif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kedua aspek. Pada aspek kognitif, ketuntasan belajar meningkat dari 43,75% pada siklus I menjadi 90,62% pada siklus II. Sementara pada aspek psikomotor, ketuntasan meningkat dari 28,12% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan pendekatan TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar passing sepak bola, karena mampu menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

References

Alfi Hidayat, R. (2019). Pengaruh Metode Latihan Passing Permainan Sepak Bola Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 331–335.

Festiawan, R. (2020). Pendekatan Teknik dan Taktik: Pengaruhnya terhadap Keterampilan Bermain Futsal. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 3(2), 143–155. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1080

Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.373

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94

Nizar, D. A., Fauzi, R. A., & Rukmana, A. (2024). Pengaruh Variasi Latihan Wall Pass Terhadap Ketepatan Passing dalam Permainan Sepak Bola Pendahuluan. 7(2), 629–645. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i2.27268

Periansyah, P., Kristina, P. C., & Kurnia, M. (2022). Penerapan Latihan Wall Pass Terhadap Peningkatan Passing Jarak Pendek Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 10 Palembang. Jolma, 2(1), 18. https://doi.org/10.31851/jolma.v2i1.7136

Ridzky Aryandi, M., & Usman, A. (2024). Global Journal Sport Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level Pada Mata Pelajaran PJOK. 2, 1–8. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs

Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan Jasmani Dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Wahana, 66(1), 55–61. https://doi.org/10.36456/wahana.v66i1.482

Ummah, M. S. (2019). Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Volume, X., Nomor, X., Khasanah, K., & Jayanti, A. (2023). Motion : Jurnal Riset Physical Education Upaya Peningkatan Pembelajaran Bela Diri Pencak Silat Melalui Pendekatan TARL ( Teaching at The Right Level ) pada Kelas XI-2 SMA Negeri 10 Semarang. X, 106–116.

Yudi, A. A. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Game Terhadap Keterampilan Passing Siswa SMAN 4 Sumbar. Jurnal Cerdas Sifa, 2, 1–8. https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/8002%0A

Yuliana, D., & Prasetyo, A. (n.d.). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level ( TaRL ) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMP N 15 Semarang.

Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). Optimalisasi Hasil Belajar Gerak Dasar Shooting Sepak Bola Melalui Pendekatan TARL. Jurnal Keolahragaan JUARA, 4(2), 164-170.

Rahman, A. (2023). Meningkatkan hasil belajar shooting bola basket melalui metode pembelajaran teaching at the right level (TaRL) pada siswa kelas X-3 SMAN 3 jombang tahun pelajaran 2022-2023. Journal on Education, 6(1), 2036-2043.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Dwi Kurniawati, T., Indiati, I., Pratama, D. S., & Sutarno. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Passing Permainan Sepak Bola Melalui Pendekatan TaRL Dalam Pembelajaran PJOK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020325. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7071

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.