MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DAN MERANCANG ASESMEN PUISI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X DI SMK N 7 SEMARANG
Keywords:
Keterampilan Menulis Puisi, Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Siklus I, Siklus IIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dan merancang aransemen puisi siswa kelas X SMK 7 Semarang melalui penerapan model PBL. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan menulisdan merancang aransemen musikalisasi puisi siswa yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman praktis dan minimnya motivasi dalam belajar menulis dan merancang aransemen puisi. Metode penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus, yaitu: tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini mencakup observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X. Pada Siklus I, terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi, namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam hal teknik penulisan dan ekspresi ide. Perbaikan dan penyesuaian tindakan pada Siklus II menghasilkan peningkatan yang lebih signifikan, di mana siswa menunjukkan kreativitas aransemen puisi yang lebih tinggi, penggunaan teknik puisi yang lebih baik, dan ekspresi yang lebih mendalam dalam karya puisi. Kesimpulan penelitian ini adalah model PBL efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Penerapan PBL juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model PBL sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa Kelas X di SMK 7 Semarang.
References
Arter, J. A., & McTighe, J. (2001). Scoring Rubrics in the Classroom: Using Performance Criteria for Assessing and Improving Student Performance. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.
Bazeley, P., & Jackson, K. (2013). Qualitative Data Analysis with NVivo. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods (5th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
Boss, S., & Krauss, J. (2007). Reinventing Project-Based Learning: Your Field Guide to Real-World Projects in the Digital Age. Eugene, OR: International Society for Technology in Education.
Emerson, R. M., Fretz, R. I., & Shaw, L. L. (2011). Writing Ethnographic Fieldnotes (2nd ed.). Chicago, IL: University of Chicago Press.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2011). The SAGE Handbook of Qualitative Research (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Engeström, Y. (2001). Expansive Learning at Work: Toward an Activity Theoretical Reconceptualization. Journal of Education and Work, 14(1), 133-156. doi:10.1080/13639080020028747
Ertmer, P. A., & Simons, K. D. (2005). Scaffolding Teachers' Efforts to Implement Problem-Based Learning. International Journal of Learning and Media, 1(2), 1-22.
Harmer, J. (2022). How to Teach Writing (2nd ed.). Pearson Education.
Helle, L., Tynjälä, P., & Olkinuora, E. (2006). Project-Based Learning in Post-Secondary Education: Theory, Practice and Rubber Sling Shots. Higher Education, 51(2), 287-314. doi:10.1007/s10734-004-1746-4
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Kvale, S., & Brinkmann, S. (2009). Interviews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Kolodner, J. L., Camp, P. J., Crismond, D., Fasse, B., Gray, J., Holbrook, J., & Puntambekar, S. (2003). Problem-Based Learning Meets Case-Based Reasoning in the Middle-School Science Classroom: Putting Learning by Design™ into Practice. Journal of the Learning Sciences, 12(4), 495-547. doi:10.1207/S15327809JLS1204_2
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2020). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-333). Cambridge University Press.
Larmer, J., & Mergendoller, J. R. (2015). Gold Standard PBL: Essential Project Design Elements. Buck Institute for Education.
Mergendoller, J. R., Maxwell, N. L., & Bellisimo, Y. (2006). The Effectiveness of Problem-Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(2), Article 4. doi:10.7771/1541-5015.1002
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Nuryanti, W., & Kusumawati, D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 21-35.
Partnership for 21st Century Skills. (2009). Framework for 21st Century Learning. Retrieved from http://www.p21.org
Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2012). Qualitative Interviewing: The Art of Hearing Data (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.
Saldaña, J. (2015). The Coding Manual for Qualitative Researchers (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Taufik, M. & Rizal, M. (2021). Analisis Kesulitan Menulis Puisi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(2), 123-135.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.
Walker, A., Recker, M., Robertshaw, M. B., Ostashewski, N., & Leary, H. (2008). Using a Facilitated Process to Support Teachers' Redesign of Units of Study: A Pilot Study in the United States and New Zealand. Educational Technology Research and Development, 56(1), 59-82. doi:10.1007/s11423-007-9037-x.