Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Menggunakan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Sman 8 Semarang

Authors

  • Imtias Alma Dicky Putri Universitas PGRI Semarang
  • Noviana Dini Rahmawati
  • Donny Anhar Fahmi
  • Suindriyo

Keywords:

variasi pembelajaran, hasil belajar, passing atas, bola voli, Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan hasil belajar teknik servis atas bola voli melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan servis atas, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan 32 siswa kelas X 6. Setiap siklus terdiri dari observasi, tes, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, tes praktik, dan refleksi hasil pembelajaran, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar setelah penerapan variasi pembelajaran, khususnya penggunaan garis batas servis dengan cone sebagai media bantu. Pada akhir siklus kedua, 30 siswa (85%) mencapai ketuntasan belajar, meningkat dari hanya 12 siswa (25%) sebelum tindakan. Penerapan variasi metode terbukti mampu meningkatkan minat, keterlibatan aktif, dan pencapaian belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli, dan merekomendasikan guru pendidikan jasmani untuk menerapkan pendekatan serupa guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Sutrisno. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidik Vokasi, 111.

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa

Ariestyawati, R., Halidjah, S., & Sabri, T. (2013). Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media audiovisual pada siswa kelas II. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).

Ekasari, E. R., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).

Gunawan , I., & Palupi, A. P. (2013). TAKSONOMI BLOOM REVISI RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN PENILAIAN Authors . Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran.

Hamna, & Windar. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1-12.

Motoh, T. C., & Hamna . (2022). PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1-17.

Pertiwi, R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Lingkungan Dengan Model Proplem Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Lemahmukti 1 Karawang Tahun Ajaran 2016/2017). Repository UNPAS .

Sugiono, P. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: A

Sutrisno. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidik Vokasi, 111.

Tifali, U. R., & Padli. (2020). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Ledak Otot Lengan terhadap Ketepatan Smash Atlet Bolavoli Putra Klub Semen Padang . Jurnal Patr

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Dicky Putri, I. A., Noviana Dini Rahmawati, Donny Anhar Fahmi, & Suindriyo. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Menggunakan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Sman 8 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020264. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7104

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.