Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Permainan TGFU Pada Pembelajaran PJOK Materi Bola Basket

Authors

  • Erlan Firmansyah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Motivasi belajar, Pendekatan TGFU, Pembelajaran PJOK, Bola basket

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) materi bola basket melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU). Penelitian dilaksanakan di SMKN 8 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas empat tahap dan dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar yang mencakup lima indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TGfU mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara positif. Pada siklus I, rata-rata motivasi belajar berada pada kategori sedang (63,3%), dan meningkat menjadi kategori tinggi (77,4%) pada siklus II. Pendekatan TGfU memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan penggunaan pendekatan TGfU sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

References

Adresta, R. A., & Candra, O. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Free Throw Bola Basket Melalui Media Audio Visual. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 259–269. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pjkr/article/view/311

Alfiah, F., Ferianto, B., & Kuntjoro, T. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas IX dengan Pendekatan Bermain pada Mata Pelajaran PJOK di SMP Negeri 28 Surabaya. 4.

Alifia, E., Muhammad, H. N., & Hidayat, T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TGfU (Teaching Games for Understanding) terhadap Motivasi Belajar pada Materi Keterampilan Kebugaran Jasmani. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 745-761.

Anwar, J. F., & Hartono, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Di Luar Jam Pelajaran Pjok Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 43–47.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan motivasi belajar model pembelajaran blended learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339-2347.

Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71-89.

Asmi, A., Neldi, H., & Khairuddin. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas Viii-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hakim, H., & Awaluddin. (2024). Efforts To Increase Students’ Learning Motivation Through Ice Breaking In PJOK Learning. SHOOTING: Journal of Sport, Health, and Education, 2(1), 15–20.

Heri Rustanto. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 75 –86. https://doi.org/10.31571/jpo.v6i2.668

Hismullutfi, M., Muhsan, M., & Salabi, M. (2025). Efektivitas Model Teaching Games For Understanding Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Lari Jarak Pendek Peserta Didik Sekolah Dasar. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, 12(1), 50-58.

Intan Rahmayuni Syafitri, I., Halimahturrafiah, N., Sucipto, E., Nellitawati, & Ahmad Sabandi. (2023). Merumuskan Visi dan Misi pada Pendidikan Dasar dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Indonesia. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 234–243. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.504

Jasmani, S.-P., Rekreasi, K., & Olahraga, F. I. (2020). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Smp Negeri Di Madiun, Sapto Wibowo. 7–18.

Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A.. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahapeserta didik Pada Masa Pandemik Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2),

-213.

Pan, Y. H., Huang, C. H., & Hsu, W. T. (2023). A comparison of the learning effects between TGfU-SE and TGfU on learning motivation, sport enjoyment, responsibility, and game performance in physical education. Frontiers in psychology, 14, 1165064.

Prima, M. A. (2023). Global Journal Sport, 1(0413), 243–253.

Puspitaningrum, D. C. (2024, December). Analisis tantangan dan peluang pendidikan jasmani dalam implementasi kurikulum sekolah dasar: Systematic literature review. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Mental Peserta Didik (pp. 631-644).

Ritonga, D. A., Damanik, S., Damanik, S. A., Suprayitno, S., & Priyambada, G. (2022). Development of Learning Variations to Improve Basic Jumping Skills and Play Approaches of Elementary School Students. International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 10(2), 360–371. https://doi.org/10.46328/ijemst.2246

Sandy, A., Wardiah, D., & Junaidi, I. A. (2023). The Application of TGFU Learning in Basketball Shooting Learning. Journal of Social Work and Science Education, 4(3), 182–188. https://doi.org/10.52690/jswse.v4i3.531

Suherman, A. (2023). Methods of teaching physical education in elementary school. ACADEMICIA: An International Multidisciplinary Research Journal, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.5958/2249-7137.2022.00487.6

Ulfah, & Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.

Yulianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2016). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3820

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan e-modul dengan sistem project based learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.

Zakarya, Z., Hafidz, H., Martaputu, M., & Nashihin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 909-918.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Erlan Firmansyah. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Permainan TGFU Pada Pembelajaran PJOK Materi Bola Basket. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020338. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7118

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.