7. Penerapan Media Jadut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Jenis-Jenis Sudut Siswa Kelas 3A SDN Karangsari 1
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Jam Sudut, Aktivitas Belajar SiswaAbstract
Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar matematika kelas 3A pada aspek kognitif dengan materi sudut, dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 52 dengan persentase ketuntasan 19% (4/21 siswa) yang dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif berupa gambar sehingga pembelajaran dinilai monoton dan kurang menarik untuk siswa yang diketahui melalui kegiatan refleksi dan observasi. Hal tersebut berimbas pada pemahaman materi, hasil belajar, dan partisipasi siswa di dalam kelas. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3A pada aspek kognitif dan aktivitas belajar siswa kelas 3A SDN Karangsari 1. Pendekatan yang digunakan ialah penelitian tindakan, design penelitian ini mengacu pada design yang dibuat oleh Kemmis & Mc Taggart dan dilaksanakan dalam 2 siklus setelah diketahui hasil sudah mencapai indikator keberhasilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik tes dan non tes. Jenis teknik tes yang digunakan ialah tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda, sedangkan bentuk teknik non tes yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis ketuntasan hasil belajar di setiap siklus dan analsis deskriptif komparatif. Hasil yang sudah dianalisis dalam setiap siklus dibandingkan untuk mengetahui progresifitas hasil belajar matematika siswa kelas 3A. Hasil penelitian ini ialah peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 3A pada aspek kognitif yakni ketuntasan pada siklus I meningkat dari 19% (4/21 siswa) menjadi 62% (13/21 siswa) berada pada kategori sedang, dan pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat tinggi (20/21 siswa) sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal.