Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Authors

  • Diah Sapitri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi system gerak menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus di Kelas XI-4 SMA Sultan Agung 1 Semarang yang berjumlah 32 peserta didik laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar kognitif dan tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu pendekatan yang mampu mengakomodasi keragaman kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan persentase rata-rata sebesar 78,03% (kategori baik), persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 83,59% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 25 dan menunjukkan peningkatan sebesar 16%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi dengan materi system gerak di kelas XI-4 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.

References

Arikunto, S., & dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210–218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153

Badrulaini. (2018). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 847–855.

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414

Indah, R. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 22 Jakarta. EduMatSains, 6(1), 123–136.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(September 2021), 89–100.

Laia, I. S. A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.7242959.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Mi, 5–24.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Polya, G. (1973). How To Solve it : A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press.

Rahayu, O.-, Siburian, M. F., & Suryana, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di MTs. Asnawiyah Kab. Bogor. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(1), 15. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8080

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Sutrisno, H., & Subandijah, S. (2023). 99. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional …. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3962%0Ahttps://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/download/3962/2613

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sapitri, D. . (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3608–3617. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5690

Issue

Section

Prosiding 2023