Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Pop Up Book Di SD
Keywords:
Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Pop Up BookAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas II B SD Pandeanlamper 03 dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantu media Pop Up Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Pendidikan Pancasila kelas II B SD Pandeanlamper 03 Semarang dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantu media Pop Up Book. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari empat komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian difokuskan pada 25 peserta didik kelas II B SD Pandeanlamper 03. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan II. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, dan angket. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,33% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,00% kategori baik sekali, hasil analisis observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 63,33% kategori cukup dan pasa siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,67% kategori baik sekali. Kemudian pada motivasi belajar di siklus I dengan nilai rata-rata 59,05% kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 78,20% kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL berbantu media Pop Up Book dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas II B di SD Pandeanlamper 03 Semarang.
References
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329
Juliana, M., Sutrisno AB, J. ., & Jessy Tanod, M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Langkapura Tahun 2021/2022. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 399–416. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/563%0A
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558
Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas Iv Min 1 Serang. Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155–166. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/3700/2786
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686
Suherman, S., Firdia, D., & Herlina, H. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media POP UP BOOK Siswa Kelas V di SDN 137 BAMBA. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 90–103. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2881
Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 107–152. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.792
Tampubolon, B. (2020). Motivasi belajar dan tingkat belajar mandiri dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa. 5(September), 34–41.
Wulandari, S. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Piaget Dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(November). http://idealmathedu.p4tkmatematika.orgissn2407-7925
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89.
Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29
Widayanti, A., & Sukirno, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teknik Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20169