Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SD Negeri Kalicari 01

Authors

  • Urfi Mutiarohmah Hanggraeni Putri Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Suharno SD Negeri Kalicari 01
  • Samrohatuk Elmi SD Negeri Kalicari 01

Keywords:

Hasil Belajar, Tematik, Problem Based Learning

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri Kalicari 01 belum efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, sehingga diperlukan pendekatan baru seperti model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 dengan menggunakan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri Kalicari 01 dengan jumlah 28 siswa. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus nilai rata-ratanya 49 dengan presentase 18%, selanjutnya pada siklus I nilai rata- rata hanya 69 dengan presentase 64%, dan pada siklus ke 2 nilai rata-rata 81 dengan presentase ketuntasan 86%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dari pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik tema 1 menggunakan model Problem Based Learning di Kelas III SD Negeri Kalicari 01.

References

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Adetya, O., & Desyandri, D. (2019).

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(12), 1-13

Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019).

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 234-

Ety Rochaety. (2006). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. (2014). Pendekatan Scientifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kadir, Abd dan Hanun Asrohah.(2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Wali Pers.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Ningsih, P. R., Hidayat, A., Kusairi, S., & Dasar, P. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593. http://journal.um.ac.id/index.php/j ptpp/

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Paris, S., Jusmawati, Alam, S., Jumliadi, & Arsyam, M. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif dengan Pendekatan Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Bina Gogik :Jurnal, 8(1), 101–108. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/ind ex.php/pgsd/article/view/637

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu- Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddi n.v9i1.283

Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A.(2019). Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 367–375.

Putri, R. H., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Mind Mapping. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 87–101.

Samino dan Saring Marsudi,( 2011). Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR- Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.

Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widyastono, herry. (2015).

Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistiyowati. (2015). Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuafian, R., & Astuti, S.(2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24.

https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3 216

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putri, U. M. H. ., Subekti, E. E. ., Suharno, & Elmi, S. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SD Negeri Kalicari 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1872–1878. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5329

Issue

Section

Prosiding 2023