Penerapan Model Pembelajaran PBL melalui Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas VA SD Islam Al-Madina Semarang

Authors

  • Yuniar Setiya Ayuningrum Yuniar Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Khoiruliono Abdullah SD Islam Al-Madina, Semarang

Keywords:

hasil belajar IPAS, pembelajaran berbasis masalah, pendekatan TaRL

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VA SD Islam Al-Madina Semarang pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode penelitian ini melibatkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik dari siklus ke siklus. Persentase peserta didik yang tuntas meningkat secara konsisten, mencapai 89% pada siklus kedua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Model ini dapat menjadi alternatif yang bermanfaat bagi guru dalam menyajikan pembelajaran yang lebih bermakna dan mendukung keberagaman kemampuan peserta didik.

References

Arikunto, suharsini. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara.

Ayuningrum, Y. S., & Saputra, H. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPAS. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 6960-6969. Retrieved from: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/10062

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Peto, Josmartin. (2022). Melalui Model Teaching At Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2). 12419-12433.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.

Somatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Yuniar, Y. S. A., Sukamto, & Khoiruliono Abdullah. (2025). Penerapan Model Pembelajaran PBL melalui Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas VA SD Islam Al-Madina Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 89–95. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5811

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)