Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Quizwhizzer Materi Fakta dan Opini pada Siswa Kelas VA SDN Sawah Besar 01

Authors

  • Nafiatul Isma Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriah Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Diah Saraswati SD Negeri Sawah Besar 01

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, QuizWhizzer

Abstract

Kemampuan siswa dalam memahami pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar seringkali masih rendah karena terbatasnya variasi metode dan media yang digunakan. Pembelajaran yang bersifat monoton cenderung membuat siswa kurang antusias, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan QuizWhizzer, sebuah platform pembelajaran berbasis kuis interaktif yang memadukan unsur permainan dan edukasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V A SDN Sawah Besar 01 dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar serta observasi terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam nilai rata-rata siswa, yaitu dari 58,8 pada tahap pra-tindakan menjadi 74,4 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,1 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa pun mengalami peningkatan dari 25,9% pada pra-tindakan menjadi 59,2% pada siklus I, dan mencapai 81,4% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan QuizWhizzer mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan QuizWhizzer dapat menjadi alternatif inovatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar.

References

Adhi, Y., Rulviana, V., & Kartikasari, A. (2023). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Efektivitas Penggunaan Game Quizwhizzer Sebagai Media Evaluasi Terhadap Antusiasme Siswa Sekolah Dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 637–643. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Amlaiya, S. M., Husain, R., Hasim, E., Pulukadang, W. T., & Monoarfa, F. (2025). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Gagasan Pokok Paragraf Melalui Media Pembelajaran Quizwhizzer Pada Siswa Kelas V SDN2 Tilango Kabupaten Gorontalo. 4(April), 33–41.

Audina, Lia;Rostikawati, Teti, Gani, R. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 6 Desember 2022 Pengembangan Media Game Interaktif Elektronik Development of Quizwhizzer-Based Electronic Interactive Game Media in an Attempt for the Environmental Conservation Sub- Theme Pri. 11, 1996–2006.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fazriyah, A., Febriyano, A., & Rosyada, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran QuizWhizzer dan Kinemaster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3339–3345. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.991

Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225

Laeli, R. N., & Kasmui, K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media QuizWhizzer dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(1), 73–80. https://doi.org/10.15294/jipk.v18i1.47197

Mauliddiyah, N. L. (2021). PROBLEMATIK PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KAJIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH DASAR.pdf. 2(6), 6.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Syaifudin. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Nafiatul Isma, Khusnul Fajriah, Mira Azizah, & Diah Saraswati. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Quizwhizzer Materi Fakta dan Opini pada Siswa Kelas VA SDN Sawah Besar 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301075. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7221

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.