Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pop-Up untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IVa SDN Sawah Besar 01

Authors

  • Lu’luatuz Zuafah Universits PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universits PGRI Semarang
  • Diah Saraswati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Learning Outcomes, Problem Based Learning, Pop Up

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang melalui Model PBL (Problem Based Learning) berbantuan media Pop Up. Model Pembelajaran PBL merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada pemecahan masalah nyata dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 29 peserta didik kelas IV-A SD Negeri Sawah Besar 01  Semarang sebagai subjek penelitian. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan pembelajaran. Hasil dari penelitian menunjukkan pada siklus I tingkat katuntasan meingkat menjadi 19 peserta didik atau (65,2%) dan tingkat ketidak tuntasan sebesar 10 peserta didik atau (34, 48%) dan pada tindakan siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik kembali mengalami kenaikan sehingga mencapai 26 peserta didik atau (89,66%) dan ketidak tuntasan peserta didik hanya mencapai 3 peserta didik atau (10,35%).

References

Andriana, Wahyu Istanti dan H.A. Triwidjaja. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Ipa Anak Tunagrahita SDLB. Jurnal P3LB, 1 (2): 169- 174.

Anugraheni, Indri. dkk. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Peserta didik Kelas 4 Sd: Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.

Arikunto, Suharsimi. (20011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Askara

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.

Mulyono, N. (2015). Kurikulum & Pembelajaran. Bandung : Kencana Prenada Media Group.

Nahdiah, U, Sunaryo, H, & Susanti, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perubahan Energi Melalui Model Problem Based Learningdidukung Media Multimedia Interaktif pada Peserta didik kelas IV SD Negeri Cangkringan Nganjuk. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar9(1), 1925-1936

NAJAHAH, I. (2016). Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran Tentang Rumah Dan Pakaian Adat Nusantara Di Jawa. Jurnal Seni Rupa, 4(03), 494–501.

Ramadani Ni Km Triana, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta didik Kelas V Sd. Ejurnal.Undiksh, 2 (1): 1- 10.

Rani, N., & Mujianto, G. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI TRANSFORMASI ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1529-1543.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas.

Sapitri, L. (2022). Studi Literatur Terhadap Kurikulum yang Berlaku di Indonesia saat Pandemi COVID19. Jurnal Inovasi Kurikulum 19(2), 227-238.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

UU RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; Depsiknas.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lu’luatuz Zuafah, Sri Suneki, & Diah Saraswati. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pop-Up untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IVa SDN Sawah Besar 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1769–1775. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5316

Issue

Section

Prosiding 2023