92. The Application of Activity Lists to Improve the Students’ Writing Skill of Recount Text at Vocational High School in Semarang
Keywords:
daftar kegiatan, teks recount, keterampilan menulis, pengajaran bahasa InggrisAbstract
Keterampilan menulis merupakan keterampilan lanjutan dalam pembelajaran bahasa yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa yang dimiliki peserta didik. Tetapi, menulis merupakan keterampilan yang menantang untuk dikuasai oleh peserta didik. Terutama ketika mereka menulis teks recount yang di dalamnya terdapat kata kerja bentuk 2 (Verb 2), terkadang mereka lupa menuliskan kata kerja jenis ini dalam teks recount karena mereka lebih mengetahui tentang kata kerja bentuk 1 (Verb 1) daripada kata kerja bentuk 2 (Verb 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan daftar kegiatan (list of activity) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks recount yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tentang kesadaran atau pemahaman yang dimilik peserta didik terhadap kata kerja bentuk 2 (Verb 2) dengan bantuan daftar kegiatan yang mereka tulis pada baris per baris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Metode dalam menganalisis data adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 6 Semarang yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan daftar kegiatan pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan keterampilan menulis sebesar 81,8 % dan 90,9 % dari jumlah siswa di kelas. Dari wawancara dengan siswa, diketahui bahwa banyak siswa yang lebih sadar dan paham dalam menggunakan kata kerja bentuk 2 (Verb 2) dengan bantuan daftar aktivitas yang mereka tulis baris per baris. Kesimpulannya adalah penerapan daftar aktivitas dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis teks recount.