The Use of Instagram to Improve Students Ability in Writing Caption Text

Authors

  • Sheila Putri Safira Universitas PGRI Semarang
  • Maria Yosephin Widarti Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Maimunah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keterampilan menulis, Caption Text, Instagram

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 11 SMA N 6 Semarang khususnya kelas XI IPS 3 melalui penerapan Instagram sebagai media pengajaran yang berharga dalam pembelajaran bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang disusun menjadi dua siklus berbeda, yang masing-masing mencakup tahapan utama perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Strategi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes tertulis dan observasi rinci. Hasil penelitian ini menunjukkan kemajuan yang patut dicatat. Pada siklus I, sebanyak 78,12% siswa menunjukkan kompetensi dengan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan nilai rata-rata 78,12. Pada siklus II selanjutnya persentase ini meningkat signifikan menjadi 93,75% dengan skor rata-rata 80,81. Temuan ini secara nyata menunjukkan dampak keberhasilan pengintegrasian Instagram sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 11 di kelas XI IPS 3 di SMA N 6 Semarang.

References

Alvin, M. (2019). Efektifitas Penggunaan Konten Foto Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Deskriptif Siswa Kelas I SMKN 1BOYOLANGU

Agustin, H. D. (2013). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Bahasa Inggris Descriptive Text dengan Media Gambar Berseri. Prosodi, 7(2).

Anita, Y., & Susanto, D. A. (2013). The teaching analysis of reading comprehension: a case of the eight grade students of SMP PGRI 01 semarang. ETERNAL (English Teaching Journal), 4(1).

Arzaqillah (2017). Memanfaatkan Instagram untuk Memotivasi Siswa Menulis Deskriptif Teks di Kelas Dua SMAN 1 Gresik Tahun Pelajaran 2016.

Balslev, T., De Grave, W. S., Muijtjens, A. M., & Scherpbier, A. J. J. A. (2005). Comparison of text and video cases in a postgraduate problem‐based learning format. Medical education, 39(11), 1086- 1092.

Cresswell, J. (2003). Desain Penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran ( Edisi ke-2nd ) Thousand Oaks, CA: SAGE Publications

Dolmans, D. H., De Grave, W., Wolfhagen, I. H., & Van Der Vleuten, C. P. (2005). Problem‐based learning: Future challenges for educational practice and research. Medical education, 39(7), 732-741.

Fadila, M. G., & Fitrawati, F. (2022). The Effect of Using Digital Sequence Pictures on Students' Ability in Writing Explanation Text. Journal of English Language Teaching, 11(2), 187-197.

Gijbels, D., Dochy, F., Van den Bossche, P., & Segers, M. (2005). Effects of problem-based learning: A metaanalysis from the angle of assessment. Review of educational research, 75(1), 27- 61.

Herman, D. (2008). Description, narrative, and explanation: Text-type categories and the cognitive foundations of discourse competence. Poetics Today, 29(3), 437-472.

Hutasuhut, I. A. R., Lubis, M., & Daulay, S. (2019). Teaching material development of explanation text based on multiple intelligences on 11th Grade Students in Vocational High School 1 Padangsidimpuan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 363-370.

Hyland, Ken. (2004). Penulisan Bahasa Kedua. Inggris: Cambridge University Press Semarang: Universitas Negeri Semarang

Ibrahim, M. (2013). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Dalam Bahasa Inggris, Universitas Nasional An-Najah.

Ikhsan, N. (2012). Meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif melalui metode estafet writimg di kelas XI SMAN 2 Rambah Hilir. 2017

Kaplan, M, Haenlein, M. (2010). Pengguna dunia, bersatu! tantangan dan peluang media sosial. Sekolah Bisnis Kelley.

Kencana, C. T., & Fauzia, N. (2022). SS The Use Of Instagram To Improve Students’ writing Skills In Explanation Text For Eleventh Grade Students. RETAIN (Research on English Language Teaching in Indonesia)(eJournal), 9(03).

Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Improvement of Exposition Text Writing Motivation and Skills Through the Application of the Problem Based Learning Model. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 278-287

Lestari, Y., & Sb, N. S. (2022). Game Media Development Cross Puzzles in Learning Summary Explanation Text. Education Generation Journal, 1(1), 1-8.

Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283-293.

Palupi, B. S., & Subiyantoro, S. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning (GIL) and Problem-Based Learning (PBL) for Explanatory Writing Skill. International Journal of Instruction, 13(1), 713-730.

Purwandari, M. (2017). Penggunaan Foto di Instagram dalam Pengajaran Teks Deskriptif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa (Kasus Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ungaran Tahun Ajaran 2016/2017)

Putri, I. B., Sumarwati, S., & Rohmadi, M. (2023). Online Explanation Text Writing Skills Learning (Case Study in Class Viii Smp Negeri 1 Bangsal, Mojokerto Districts for the 2020/2021 Academic Year). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(1), 452-457.

Ramadhan, S., Asri, Y., & Indriyani, V. (2018). Learning module design writing argumentative text based problem-based learning.

Saragi, A. T. B., Tampubolon, S., Simarmata, R. O., & Marbun, J. (2023). Error Analysis Made By The Students’ Fifth Semester of HKBP Nommensen University In Writing Explanation Text. Journal on Education, 5(4), 15799-15805.

Selwyn, N. (2016). Education and technology: Key issues and debates. Bloomsbury Publishing.

Siahaan, J. 2015. Analisis Kemampuan dan Kesulitan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia, 114-121

Susanto, D. A., & Watik, S. (2017). The interpersonal meaning realized in the lyrics of Christina Perri’s album “lovestrong” and the contribution for teaching a modern english grammar. Deiksis, 9(03), 283- 291.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Safira, S. P. ., Lestari, M. Y. W. ., & Maimunah, S. . (2023). The Use of Instagram to Improve Students Ability in Writing Caption Text. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 608–616. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5157

Issue

Section

Prosiding 2023