Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kosica untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN Sawah Besar 01

Authors

  • Indriya Mella Agustina Universits PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universits PGRI Semarang
  • Diah Saraswati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS, Problem Based Learning, Kosica

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Kosica (Kotak Sifat Cahaya)  . Penelitian kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Sawah Besar 01 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data berpedoman dari model pembelajaran yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam Arikunto, (2014) yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang telah dilakukan pada prasiklus dan siklus 1, siklus 2, terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik yang cukup signifikan. Ketuntasan hasil belajar pada prasiklus 28,5%, pada siklus I 67,9%, dan pada siklus II 92,9%. Sedangkan ketidaktuntasan hasil belajar pada prasiklus 71,5%, pada siklus I 32,1%, dan pada siklus II 7,1%. Hal  ini  dibuktikan  dengan peserta didik yang terlihat aktif, mau bekerja  sama  dengan  kelompoknya,  dan antusias peserta didik dalam pembelajaran untuk menyelesaikan permasalahan. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran dan karakteristik peserta didik   pada   siklus   I   sampai   siklus   II berjalan dengan baik.

References

Afifudin, M. N., Khoiruddin, M. A. L., & Hamid, M. A. (2020). Perbandingan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Agama dengan Mata.

Ardianti, Sekar. D., Kanzunnudin, M., & Pratiwi, Ika. R. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika. 7(2).

Arikunto, Suharsimi. (20011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Askara

Pelajaran Umum di SMP Al Islam Kartasura. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1).

Depdiknas. (2003). Undang - undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Huda, C., & Ulfa, M.(2022).Meningkatkan Hasil Belajar Materi Organ Gerak Manusia dan Hewan Tema 1 subtema 3 Dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 SD 2 Burikan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 3(2), 154- 165.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta.Indeks.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pemblejaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sutiman. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran Korespondensi Di SMK Paket Keahlian Administrasi Perkantoran. Jurnar Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, Vol.2 No.3.

Miftah. (2015). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Jurnal Pendidikan2(1), 23–3Mukrimati, N. A., Murtono, & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep MatematikaSiswa Kelas V SD Negeri RAU Kedubf Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Narsa, I Ketut. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, Vol. 5, No. 2, Tahun 2021, pp. 165-170.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Agustina, I. M., Sri Suneki, & Diah Saraswati. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kosica untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN Sawah Besar 01 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1736–1742. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5312

Issue

Section

Prosiding 2023