Penerapan Teaching Game For Understanding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Atletik Lari Estafet

Authors

  • Hanif Akromi Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia
  • Agus Wijayanto Universitas PGRI Semarang
  • Anjar Tri Astuti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Lari Estafet, Teaching Games for Understanding, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan jasmani bertujuan mengembangkan kebugaran fisik, mental, dan sosial melalui aktivitas fisik. Penelitian ini menganalisis peningkatan keterampilan dasar lari estafet dengan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) pada siswa kelas XI-B SMA Negeri 6 Semarang. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), data dikumpulkan melalui observasi dan tes keterampilan. Hasil menunjukkan bahwa TGfU efektif meningkatkan keterampilan lari estafet. Ketuntasan belajar meningkat dari 42% sebelum tindakan, menjadi 70% pada siklus pertama, dan 88% pada siklus kedua. Rata-rata nilai siswa juga naik dari 75 menjadi 85, mencerminkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan teknis

Author Biographies

Agus Wijayanto, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Anjar Tri Astuti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Abdul Manaf. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Permainan Atletik Lari Estafet melalui Metode Praktik. Jurnal Pendidikan Jasmani, 3(2), 52-60.

Ardi Susilo & Agus Widodo Suripto. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Lari Estafet dengan Menggunakan Modifikasi Permainan Pienjong pada Siswa Kelas 6 SDN 1 Kemiriombo. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(3), 67-75.

Mei Mintriarti. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Penjasorkes melalui Modifikasi Permainan Lari Estafet pada Siswa Kelas VI SDN Kalanganyar Kabupaten Sidoarjo. Journal of Indonesian Education, 3(2), 34-40.

Hismullutfi, M., Muhsan, M., & Salabi, M. (2025). Efektivitas Model Teaching Games for Understanding dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Lari Jarak Pendek Siswa Sekolah Dasar. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 12(1), 45-55.

Pradina Pustaka. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka, 1(1), 7-15.

Ublik Pendidikan. (2022). Pembelajaran Melalui Teaching Games for Understanding (TGfU): Pengertian, Ciri-Ciri Permainan, Model dan Prinsip Pembelajaran. Ublik Pendidikan, 17(9), 89-97.

Hismullutfi et al. (2025) dalam jurnal Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan menemukan bahwa TGfU efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam lari jarak pendek.

Susilo & Widodo (2015) dalam Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations menunjukkan bahwa modifikasi permainan dalam lari estafet dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga 81,3%.

Mintriarti (2020) dalam Journal of Indonesian Education menyatakan bahwa pendekatan berbasis permainan dalam lari estafet meningkatkan ketuntasan belajar siswa dari 34% menjadi 91% setelah dua siklus.

Aminatun, K., Rasmani, U. E. E., & Syamsuddin, M. M. (2020). Penerapan permainan lari estafet modifikasi untuk meningkatkan kompetensi motorik anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 8(4).

Hismullutfi, M., Muhsan, M., & Salabi, M. (2025). Efektivitas model Teaching Games for Understanding dalam meningkatkan motivasi belajar lari jarak pendek siswa sekolah dasar. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, 12(1).

Samodra, Y. T. J. (2020). Pemahaman konsep bermain siswa motorik tinggi dan rendah dengan model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 2(2).

Saryono, & Nopembri, S. (2009). Gagasan dan konsep dasar Teaching Games for Understanding (TGfU). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Maliasih, H., Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222-226.

Rahayu, J. S. (2013). Pemetaan Penelitian Teaching Games for Understanding (TGfU) Tahun 2000 - 2010. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).

Supriadi, D. (2018). Implementasi Model Teaching Games for Understanding dalam Strike and Fielding Games. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(1).

Marettini, N. L., Kanca, I. N., & Parwata, I. G. L. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) dan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2).

Suyitno, M. (2018). Analisis Data dalam Rancangan Penelitian Kualitatif. Jurnal Akademia Pustaka.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Akromi, H., Wijayanto, A., & Tri Astuti, A. (2024). Penerapan Teaching Game For Understanding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Atletik Lari Estafet. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020339. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7235

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.