UPAYA MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS X JURUSAN PPLG SMK NEGERI 02 SEMARANG

Authors

  • Dian TriRahmadani Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Alis Nihlatin Nisa SMK Negeri 02 Semarang

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Project Based Learning, Manajemen Waktu

Abstract

Manajemen waktu yang baik akan membantu siswa dalam melakukan segala aktivitas dampaknya siswa menjadi lebih teratur dalam melakukan segala sesuatunya sesuai dengan apa yang direncanakan. Kondisi siswa yang masih kurang stabil dan lebih cenderung melakukan apa yang membuat mereka senang, siswa kelas X PPLG yang masih sering terlena dengan pengoperasian gadget, kemudian mengerjakan tugas sampai larut malam, sehingga menyebabkan mereka sering merasa mengantuk saat di kelas karena kurang istirahat, kurangnya istirahat menyebabkan mereka kurang antusias berada di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat manajemen waktu siswa dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal metode Project Based Learning (PjBL). Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa, keterampilan manajemen waktu peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan layanan bimbingan klasikal dengan metode Project Based Learning (PjBL). Sebelum diberikan tindakan layanan bimbingan klasikal menunjukkan bahwa ketrampilan manajemen waktu peserta didik berada pada kategori sedang dengan presentase 22%. Setelah diberikan tindakan layanan bimbingan klasikal dengan metode Project Based Learning (PjBL) yang dilakukan dengan 2 siklus menunjukkan bahwa ketrampilan manajemen waktu peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan presentase 69% yang termasuk dalam kategori tinggi. Maka dari itu dapat dsimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan metode Project Based Learning (PjBL) berpotensi dapat meningkatkan keterampilan manajemen waktu peserta didik kelas X PPLG 1 SMK N 2 Semarang.

References

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa.PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling,5 (1), 24

Prasetya Bayu, Prasetiawan Hardi.(2022).UpayaMeningkatkan Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Klasikal Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Sekolah

MenengahAtas.https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp/article/vi ew/286/236.

Hidayanto D. N (2023). Manajemen Waktu: Filosofi Teori Implementasi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GOreEAAAQBAJ&oi=fnd& pg=PA1&dq=pengertian+manajemen+waktu+para+ahli&ots=vqlnfgiZWk&si g=lcCXbZYl6RbuqIp5lbsKD8TpiWc&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian

%20manajemen%20waktu%20para%20ahli&f=false

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dede Rahmat Hidayat dan Aip Badrujaman, (2012). Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan game based learning quizizz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi materi globalisasi kelas XII IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 4(1), 25-38

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

TriRahmadani, D., Fitriana, S. ., & Nihlatin Nisa, A. (2024). UPAYA MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS X JURUSAN PPLG SMK NEGERI 02 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 27–31. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6327

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling