Penerapan Problem Based Learning dengan Metode Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Bawen
Keywords:
metode interaktif, motivasi belajar, PBLAbstract
Penelitian ini bertujuan mengatasi rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas XI ATPH B SMK Negeri 1 Bawen, yang ditandai dengan kurangnya keaktifan, inisiatif, dan kemandirian belajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan metode interaktif dan pendekatan berbasis kearifan lokal. Siklus 1 menggunakan metode role-playing, sedangkan siklus 2 menggunakan diskusi dan presentasi hasil karya. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket motivasi belajar. Hasil menunjukkan peningkatan pada aspek keaktifan, kehadiran, kemandirian, dan kerja sama, serta peningkatan 25% peserta didik dengan motivasi belajar tinggi. Kesimpulannya, penerapan PBL berbasis kearifan lokal efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.
Ask ChaReferences
Amanda, L. S., Nurasikin, N., Sehan, N., Darmayanti, W., Riadi, A., & Mukmin, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 28899–28906. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/17426
Apriadi. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Canva Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Muhammadiyah 3 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia.
Gusman, H. B., Rachmawati, R. C., Ulfah, M., & Priyatna, R. E. (2023). The effectiveness of
Problem-Based Learning (PBL) model in increasing students’ cognitive outcomes and learning motivation in Environmental Change Material. Jurnal Mangifera Edu, 8(1), 32-39. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v8i1.172
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Hilala, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Pembelajaran Role Playing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Marisa. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 703–710. Retrieved from http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.703-710.2022
Karim, F. N. (2016). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan pelayanan prima di kelas X Pemasaran SMK Islam Batu. Universitas Negeri Malang. Malang, Indonesia. Retrieved from https://repository.um.ac.id/31850/
Minarti, I. B. dkk. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 44-54. Retrieved from https://mathedu.joln.my.id/index.php/edu/article/download/32/44
Ruchliyadi, D.A., et al. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan,12(2), 131-136
Sadirman. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 1(2), 31–32.
Santrock, J. W. (2012). Educational Psychology (5th ed.). New York: McGraw-Hill.
Susarianto, Endi. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Karya Ilmiah Di Smk Negeri 12 Sarolangun. Journal Education of Batanghari, 1(2 ), 207-227
Syamsul, R. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Attening 1 (1), 103-112.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yunia Sari, dkk. (2019). Experimentation of Problem Based Learning (PBL) Model on Student Learning Motivation and Achievement on Circle Material 9(4). Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.