Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Melalui Variasi Permainan 4 On 4 di SMK N H. Moenadi Ungaran

Authors

  • Achmad Nafah Afifuddin Universitas PGRI Semarang
  • Maftukhin Hudah Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Teguh Santoso SMK N H Moenadi Ungaran

Keywords:

Keterampilan, passing bawah, Bola Voli, Variasi permainan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas X DKV SMK N H Moenadi Ungaran melalui variasi permainan sebagai pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK N H Moenadi Ungaran yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil observasi dan tes di siklus 1, keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas X DKV SMK N H Moenadi Ungaran adalah sebanyak 20 siswa atau sebesar 58% mengalami ketuntasan belajar passing bawah bola voli dan sebanyak 14 siswa atau sebesar 42% mengalami ketuntasan belajar passing bawah pada permainan bola voli. Kemudian pada siklus 2 diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan persentase keterampilan bermain passing bawah bola voli dalam kategori tuntas adalah sebanyak 32 siswa atau sebesar 94 % dan sebanyak 2 orang tidak tuntas atau sebesar 6% dalam pembelajaran keterampilan passing bawah bola voli. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan variasi permainan dapat meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas X jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK N H Moenadi Ungaran.

Author Biographies

Maftukhin Hudah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Setiyawan, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Adhi Putra, Y., & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705

Annisa, N., Suhardianto, S., & Rusli, K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah Pada Permainan Bolavoli melalui Media Target. Indonesian Journal of Physical Activity, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.59734/ijpa.v2i1.21

Hudah, M., & Rais, A. N. (2020). Implementasi Materi Passing Bola Voli Dengan Media Bola Plastik Dan Bola Voli Asli Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 100–107.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenada Media Group.

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78–92.

Nulhadi, A., Ashari, L. H., Herlina, H., & Burhan, Z. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah Bola Voli Melalui Permainan 3 on 3 Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 497–506. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1262

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. 95.

Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syarifudin, S. W. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/MA (Vol. 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Achmad Nafah Afifuddin, Maftukhin Hudah, Setiyawan, & Teguh Santoso. (2025). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Melalui Variasi Permainan 4 On 4 di SMK N H. Moenadi Ungaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020221. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7334

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.