Optimalisasi Layanan Bimbingan Klasikal melalui Teknik Simulasi Permainan dada Siswa SMA N 11 Semarang
Keywords:
Interpersonal, Bimbingan Klasikal, PTBKAbstract
Penelitian ini memfokuskan pada peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa di kelas X3 SMA N 11 Semarang. Latar belakang masalah melibatkan permasalahan komunikasi di antara siswa yang sulit berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif. Identifikasi masalah menyatakan bahwa siswa belum mampu berkomunikasi antar teman dan berkolaborasi saat diminta bekerja sama. Penelitian membatasi masalah ini pada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik simulasi permainan terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas X3 SMA N 11 Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik simulasi permainan terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas X3 SMA N 11 Semarang. Setting penelitian dilakukan di kelas X3 SMA N 11 Semarang dengan melibatkan 36 siswa. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah pemberian layanan bimbingan klasikal dengan teknik simulasi permainan, terjadi peningkatan yang signifikan dalam komunikasi interpersonal siswa. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara komunikasi interpersonal sebelum dan sesudah layanan. Dalam keseluruhan penelitian, layanan bimbingan klasikal dengan teknik simulasi permainan terbukti efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di kelas X3 SMA N 11 Semarang. Penelitian ini memiliki manfaat dalam memberikan panduan kepada guru BK dan praktisi lain yang menghadapi masalah serupa dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.
References
Agus, Widiyanto (2013), Statistika Terapan : Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : PT Alex Media Komputindo.
Kurt Lewin M., and Keller. (1992). Instructional Design Theory and Models : An Overview of Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed). London : Lawrence Erlbaum Associates.
Cakrawala Pendidikan. Volume 31 Nomer 1. (FIP Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta). hlm 145
DeVito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books
DeVito, Joseph A. 2019. The Interpersonal Communication Book. United Kingdom: Pearson
Mainilawati, M.Ferdiansyah, & Sari, K. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Keaktifan Berkomunikasi Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i1.623
Muh, Farozin. Pengembangan Model Bimbingan Klasikaluntuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal
Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Posdakarya.
Prayitno, dan Erman Amti. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konsleing. (Rineka Cipta:Jakarta). 2015 hlm 94
Roudhonah. 2019. Ilmu Komunikasi. Depok : PT RAJA GRAFINDO PERSADA
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suranto Aw. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168– 2175. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1028
Yohanes. Efektivitas Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Layanan Bimbingan Klasikal Kolaboratif dengan Pendekatan Experimental Learning untuk Meningkatkan Karakter Bela Rasa (Compassion).(Universitas Sanata Dharma Yogyakarta:Yogyakarta).2016.Hlm 39.