PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK ALIH WAHANA TEKS CERPEN BERBANTUAN MEDIA PADLET PADA SISWA KELAS XI SMAN 9 SEMARANG
Keywords:
Menulis, Naskah Drama, Teknik alih wahana, Media PadletAbstract
Keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA N 9 Semarang masih mengalami kesulitan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada tercapainya tujuan pembelajaran dalam menulis naskah drama. Selain faktor internal peserta didik adapula faktor eksternal yang membuat peserta didik kurang memiliki minat dalam menulis sebuah naskah drama seperti media yang digunakan guru dalam memotivasi dan meningkatkan keterampilan peserta didik untuk menulis naskah drama kurang bervariatif. Selain itu, anggapan bahwa sebuah karya sastra adalah hal yang bersifat bebas dan indah sesuai dengan kemampuan penulis kerap kali membuat penilaian guru terhadap hasil tulisan peserta didik menjadi kurang objektif. Sesuai dengan permasalahan-permasalahan dalam menulis naskah drama tersebut, penulis memilih sebuah teknik dan media pembelajaran yang tepat untuk mengatasinya. Penggunaan teknik dan media pembelajaran yang tepat diharapkan dapat memotivasi peserta didik di kelas XI-8 SMA Negeri 9 Semarang agar memiliki minat dan tertarik dalam pembelajaran serta memiliki keterampilan menulis naskah drama. Peneliti menggunakan teknik yang akan mengaitkan materi sastra satu dengan materi sastra lainnya guna mengefektifkan waktu pembelajaran yakni teknik alih wahana dengan media Padlet. Penggunaan teknik alih wahana dan media padlet.com diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapai peserta didik dalam menulis nasakah drama dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis naskah drama. Selain itu, dengan menggunakan teknik dan media pembelajaran yang menarik diharapkan mampu meningkatkan antusias belajar peserta didik serta memberikan pengalaman belajar di kelas yang lebih menyenangkan.
References
Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Alfabeta Muhtadi, A. (2019). Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Tim Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas
Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Darmawan, D. (2021). Menulis itu Gampang, Mengasah Keterampilan Menulis di Masa Pandemi (Pertama). Eureka Media Aksara.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: Aura Publisher.
Mulyono. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Adi Karya Mandiri.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Purnomo, Halim dan Ilyas, Y. 2019. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Riyanto & Putri Eksanika. (2017). Pemanfaatan Internet oleh Penyuluh Pertanian. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat,1(1), 67-80.
Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Teori Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama.
Suparno dan Yunus, Muhammad. (2002). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Zainurrahman. (2011). Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Yogyakarta: Gava Media