Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Problem Based Learning (PBL) Dalam Mata Pelajaran Lanskap Dan Pertamanan Kelas 11 ATP di SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Aulia Khairunisa Universitas PGRI Semarang
  • Atip Nurwahyunani
  • Zanny Varah Maulida

Keywords:

hasil belajar, lanskap dan pertamanan, Problem Based Learning, Sekolah Vokasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problen Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran lanskap dan pertamanan pada kelas XI ATP B di SMK Negeri 1 Bawen. Penelitian dilaksanakan pada masa PPL PPG Calon Guru 2024 Gelombang 2 pada bulan Februari-Mei 2024 di kelas XI ATP B SMK Negeri 1 Bawen. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan metode pengambilan data melalui asesmen diagnostic dan sumatif yang diberikan. Data yang kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dengan indikator keberhasilan yang terlihat pada peningkatan rata-rata nilai dari asesmen yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model problem based learning (PBL) meningkatan hasil belajar yang terlihat pada rata-rata nilai pra siklus 63,68 menjadi 87,12 pada rata-rata nilai kelas pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga mengalami kenaikan dari pra siklus 18% menjadi 97% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dalam mata pelajaran lanskap dan pertamanan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Author Biographies

Atip Nurwahyunani

Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

Zanny Varah Maulida

Agribisnis Tanaman Perkebunan, SMK Negeri 1 Bawen, Jalan Kartini No.119

References

Az-zarkasyi, M. I. A., & Hindun, H. (2024). Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka. GURUKU: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.562

Bili, M. R., & Ate, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Program Linear untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. e-Saintika, 1(2), 81–86.

Diah, & Riyanto. (2016). Problem-based learning model in biology education courses to develop inquiry teaching competency of preservice teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.836

Febianti, A. (n.d.). Analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Universitas Siliwangi. (Skripsi tidak dipublikasikan)

Lestari, T. D., Mayasari, D., & Untajana, J. R. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode problem based learning berbantuan media audio visual. Paedagogia: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 313–317. https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagogia

Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). EMPATHY: Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 31–41.

Minarti, I. B., Nurwahyuni, A., Fajriyah, S. A., Sholekhah, S. D., Kafita Ardiani, V. V., Lestari, S. A., & Firdaus, D. H. (2023). Integrasi model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di Indonesia. Numbers: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 44–54. https://doi.org/10.33366/numbers.v1i2.3885

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–17.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMK melalui pendekatan problem-based learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10235

Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1445

Suarditha, I. M. W. P., Candiasa, I. M., & Hartawan, I. G. N. Y. (2019). Pengaruh asesmen formatif bentuk proyek terhadap keyakinan diri (self efficacy) dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas X-MIA SMA Negeri 1 Marga. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19872

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1–19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Yonethae. (n.d.). Pengaruh pembekalan teori, fasilitas belajar dan praktek kerja industri terhadap keterampilan siswa SMK Karya Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau. SMK Karya Pulang Pisau, Jln. Pemda, Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Khairunisa, A., Nurwahyunani, A., & Maulida, Z. V. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Problem Based Learning (PBL) Dalam Mata Pelajaran Lanskap Dan Pertamanan Kelas 11 ATP di SMK Negeri 1 Bawen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020371. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7396

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Similar Articles

<< < 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.