PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KELAS X-10 SMA 10 SEMARANG

Authors

  • Annisa Ika Wijayanti
  • Atip Nurwahyunani

Keywords:

Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Hasil pretest yang masih rendah dan masih mengalami kesulitan dalam menyatakan dan menganalisis suatu pengalaman atau peristiwa, hal ini diperlukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 10 Semarang sebanyak 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peeningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu 65% pada siklus I dengan kategori sedang dan 80,9 pada siklus II termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 10 Semarang.

References

Facione, P.A. (2013). Critical thinking what it is and Why it Count. Millbrae,CA:Measured Reasons and The California Academic Press

Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal

Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 222. https://doi.org/10.36312/esaintika.v4i 2.218

Johnson, Eline. (2007). Contextual Teaching & Learning. Bandung:MLC

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 924-932. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.ph p/semnasfkip/article/view/129

Muniroh, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learnig di Madrasah. Yogyakarta: LKS Pelangi Aksara

Ngalimun. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA pada siswa kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 10-15.

Prihadi, E. (2018). Pengembangan keterampilan 4c melalui metode poster comment pada mata pelajaran pai dan budi pekerti (Penelitian di SMA Negeri 26 Bandung). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(1), 464-479.

Sudrajat, D. R., Disman, D., & Waspada, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Khz Musthafa Sukamanah Tasikmalaya. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 122. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.46 36

Supardi, U. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi . Jurnal Formatif

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Wijayanti, A. I. ., & Nurwahyunani, A. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KELAS X-10 SMA 10 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3890–3896. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5724

Issue

Section

Prosiding 2023