Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Open Ended Problem
Keywords:
Kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran berbasis masalah, open ended problemAbstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam
masyarakat abad 21, era revolusi industri 4.0 serta pembelajaran matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi dengan open-ended problem. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-2
SMA Negeri 14 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan respon positif siswa berdasarkan tes
kemampuan komunikasi matemais siswa pada pra-siklus sebesar 50,7% meningkat menjadi 64,1% pada
siklus 1 dan 84,6% pada siklus 2. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa
pengimplementasian pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan open ended problem
dapat memfasilitasi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.
References
Ahmad, Herwati. (2019). Komunikasi
Matematik Dalam Pembelajaran
Dengan Menggunakan Pendekatan
Realistik. Jurnal IPA &
Pembelajaran IPA, 3(1), 21–29.
https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13
Kumala, A. J., Waluyo, S. B., & Siswanto,
B. (2019). Implementasi Model
Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis dan Percaya
Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4
Semarang. PRISMA, Prosiding
Seminar Nasional Matematika, 2(1),
–415.
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017).
Hubungan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis dengan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa. Jurnal THEOREMS (The
Original Research of Mathematics),
(2), 82–91.
Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018).
Peningkatan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa
Melalui Model Pembelajaran CORE
dengan Pendekatan Scientific.
Edumatika : Jurnal Riset
Pendidikan Matematika, 1(1), 35.
https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1
.220
Dewi, N. C. (2020). Meningkatnya
komunikasi matematis pada siswa
dengan penerapan metode snowball
throwing pada materi statistika. 3(1),
–64.
https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.5
-64
Fauziah, L., Sudirman, & Abadyo. (2020).
Komunikasi matematis siswa dalam
menyelesaikan soal open- ended.
Jurnal Kajian Pembelajaran
Matematika, 4(2), 1–12.
Hartati, S., Learning, A., Ended, O.,
Komunikasi, K., Pendahuluan, I., &
Hartati, S. (2023). Implementasi
Accelerated Learning Berbantuan
Masalah Open Ended Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Dan Pemecahan
Masalah Aljabar Di SMA Negeri 1
Peusangan. JEMAS: Jurnal Edukasi
Matematika Dan Sains, 4(1), 35–40.
Kadarisma, G. (2018). Penerapan
pendekatan open-ended dalam
meningkatkan kemampuan
komunikasi siswa SMP. ANARGYA:
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika, 1(2), 77–81.
Lubis, A. N., & Dewi, I. (2023). Penerapan
Problem-Based Learning
Berbantuan Edmodo untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa Kelas
XI di SMA Negeri 11 Medan T.A.
/2023. Jurnal Cendekia :
Jurnal Pendidikan Matematika,
(1), 562–579.
https://doi.org/10.31004/cendekia.
v7i1.2067
Mahayukti, G. A., Sariyasa, S., & Sari, N. L.
C. (2022). Meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis
dan kepercayaan diri siswa melalui
implementasi model pembelajaran
kooperatif tipe talking stick.
Primary: Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 11(4), 1283.
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i
8539
Nashihah, U. H. (2020). Membangun
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa dengan Pendekatan Saintifik:
Sebuah Perspektif. Jurnal
Pendidikan Matematika (Kudus),
(2), 201.
https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S.
(2019). Analisis Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa SMP di
Kota Cimahi Pada Materi Statistika.
Jurnal Cendekia : Jurnal
Pendidikan Matematika, 3(2), 266–
https://doi.org/10.31004/cendekia.
v3i2.107
Noor, N. L. (2020). Peningkatan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Peserta Didik Melalui Open Ended
Problem. ELEMENTARY: Islamic
Teacher Journal, 8(2), 209–224.
https://doi.org/10.21043/elementar
y.v8i2.8138
Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis
langkah-langkah model problem
based learning dalam pembelajaran
tematik terpadu di sekolah dasar
menurut pandangan para ahli. 4(1).
Putra, K. S., Ariawan, P. W., & Suarsana, I.
M. (2020). Peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika
siswa melalui implementasi model
pembelajaran icare berbantuan
masalah open ended. Jurnal Kajian
Pembelajaran Matematika, 9(1), 1–
Putra, M., Bina, U., & Getsempena, B.
(2023). Peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas x
melalui strategi pembelajaran
konflik kognitif di sma inshafuddin
banda aceh. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa, 4(1), 71–85.
Rahmadani, E. (2020). Penerapan
pendekatan open ended problems
dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas V SD.
Edunesia: Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 1(3), 46–53.
Rasyid, M. A. (2020). Kemampuan
komunikasi matematis dalam
pembelajaran matematika. Jurnal
Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan,
(1), 77–86.
https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116
Safitri, A., Wahyuni, R., & Husnidar, H.
(2021). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Berbantuan Alat Peraga
Papan Statistika Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa.
Asimetris: Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Sains, 2(2), 44–49.
https://doi.org/10.51179/asimetris.v
i2.675
Siregar, M. U., Siregar, N., & Tarigan, B.
(2023). Peningkatan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa
Dengan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah Di SMA Negeri 6
Medan. Jurnal Fibonaci, 4(1), 53–
https://doi.org/doi.org/10.24114/jfi.
v2i1
Trigunawan, I. N. (2020). Penerapan
pendekatan pemecahan masalah
terbuka ( open ended ) dalam
meningkatkan hasil belajar
matematika siswa. 10(1), 53–59.
Ulyawati, M. (2020). Kemampuan
komunikasi matematis dalam
menyelesaikan soal cerita ditinjau
dari gaya kognitif field dependent
(FD). Kontinu: Jurnal Penelitian
Didaktik Matematika, 4(2), 125.
https://doi.org/10.30659/kontinu.4.
125-135
Usman, M. R. (2019). Meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis
siswa melalui strategi pembelajaran
relating, experiencing, applying,
cooperating, dan transfering (react).
SIGMA (Suara Intelektual Gaya
Matematika), 11(2), 160–167.
Winanti, K., Yuliyani, Y., & Agoestanto, A.
(2017). Meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis dan
kedisiplinan siswa kelas xi sma n 5
semarang melalui model pbl materi
transformasi geometri. Jurnal
Profesi Keguruan, 3(2), 197–204.
https://journal.unnes.ac.id/nju/ind
ex.php/jpk
Winarsih. (2022). Peningkatan
kemampuan pemecahan masalah
matematika pada materi vektor
menggunakan model problem based
learning siswa kelas x mia sman 1
balai riam tahun pelajaran
/2022. Meretas : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 9(1), 64–76.
Zakeus, S. (2022). Peningkatan
kemampuan komunikasi matematis
siswa melalui penerapan model
pembelajaran problem based
learning. Journal of Comprehensive
Science, 1(4), 482–503.
https://jcs.greenpublisher.id/index.
php/jcs/article/view/77/82https://j
cs.greenpublisher.id/index.php/jcs/
article/view/77/82