Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Open Ended Problem

Authors

  • Ma’rifatul Mukaromah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran berbasis masalah, open ended problem

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam
masyarakat abad 21, era revolusi industri 4.0 serta pembelajaran matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi dengan open-ended problem. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-2
SMA Negeri 14 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan respon positif siswa berdasarkan tes
kemampuan komunikasi matemais siswa pada pra-siklus sebesar 50,7% meningkat menjadi 64,1% pada
siklus 1 dan 84,6% pada siklus 2. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa
pengimplementasian pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan open ended problem
dapat memfasilitasi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

References

Ahmad, Herwati. (2019). Komunikasi

Matematik Dalam Pembelajaran

Dengan Menggunakan Pendekatan

Realistik. Jurnal IPA &

Pembelajaran IPA, 3(1), 21–29.

https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13

Kumala, A. J., Waluyo, S. B., & Siswanto,

B. (2019). Implementasi Model

Problem Based Learning untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematis dan Percaya

Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4

Semarang. PRISMA, Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 2(1),

–415.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017).

Hubungan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis dengan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa. Jurnal THEOREMS (The

Original Research of Mathematics),

(2), 82–91.

Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018).

Peningkatan Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa

Melalui Model Pembelajaran CORE

dengan Pendekatan Scientific.

Edumatika : Jurnal Riset

Pendidikan Matematika, 1(1), 35.

https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1

.220

Dewi, N. C. (2020). Meningkatnya

komunikasi matematis pada siswa

dengan penerapan metode snowball

throwing pada materi statistika. 3(1),

–64.

https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.5

-64

Fauziah, L., Sudirman, & Abadyo. (2020).

Komunikasi matematis siswa dalam

menyelesaikan soal open- ended.

Jurnal Kajian Pembelajaran

Matematika, 4(2), 1–12.

Hartati, S., Learning, A., Ended, O.,

Komunikasi, K., Pendahuluan, I., &

Hartati, S. (2023). Implementasi

Accelerated Learning Berbantuan

Masalah Open Ended Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Dan Pemecahan

Masalah Aljabar Di SMA Negeri 1

Peusangan. JEMAS: Jurnal Edukasi

Matematika Dan Sains, 4(1), 35–40.

Kadarisma, G. (2018). Penerapan

pendekatan open-ended dalam

meningkatkan kemampuan

komunikasi siswa SMP. ANARGYA:

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, 1(2), 77–81.

Lubis, A. N., & Dewi, I. (2023). Penerapan

Problem-Based Learning

Berbantuan Edmodo untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa Kelas

XI di SMA Negeri 11 Medan T.A.

/2023. Jurnal Cendekia :

Jurnal Pendidikan Matematika,

(1), 562–579.

https://doi.org/10.31004/cendekia.

v7i1.2067

Mahayukti, G. A., Sariyasa, S., & Sari, N. L.

C. (2022). Meningkatkan

kemampuan komunikasi matematis

dan kepercayaan diri siswa melalui

implementasi model pembelajaran

kooperatif tipe talking stick.

Primary: Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 11(4), 1283.

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i

8539

Nashihah, U. H. (2020). Membangun

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa dengan Pendekatan Saintifik:

Sebuah Perspektif. Jurnal

Pendidikan Matematika (Kudus),

(2), 201.

https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.

Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S.

(2019). Analisis Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa SMP di

Kota Cimahi Pada Materi Statistika.

Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan Matematika, 3(2), 266–

https://doi.org/10.31004/cendekia.

v3i2.107

Noor, N. L. (2020). Peningkatan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Peserta Didik Melalui Open Ended

Problem. ELEMENTARY: Islamic

Teacher Journal, 8(2), 209–224.

https://doi.org/10.21043/elementar

y.v8i2.8138

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis

langkah-langkah model problem

based learning dalam pembelajaran

tematik terpadu di sekolah dasar

menurut pandangan para ahli. 4(1).

Putra, K. S., Ariawan, P. W., & Suarsana, I.

M. (2020). Peningkatan kemampuan

pemecahan masalah matematika

siswa melalui implementasi model

pembelajaran icare berbantuan

masalah open ended. Jurnal Kajian

Pembelajaran Matematika, 9(1), 1–

Putra, M., Bina, U., & Getsempena, B.

(2023). Peningkatan kemampuan

komunikasi matematis siswa kelas x

melalui strategi pembelajaran

konflik kognitif di sma inshafuddin

banda aceh. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa, 4(1), 71–85.

Rahmadani, E. (2020). Penerapan

pendekatan open ended problems

dalam meningkatkan hasil belajar

matematika siswa kelas V SD.

Edunesia: Jurnal Ilmiah

Pendidikan, 1(3), 46–53.

Rasyid, M. A. (2020). Kemampuan

komunikasi matematis dalam

pembelajaran matematika. Jurnal

Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan,

(1), 77–86.

https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Safitri, A., Wahyuni, R., & Husnidar, H.

(2021). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Berbantuan Alat Peraga

Papan Statistika Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa.

Asimetris: Jurnal Pendidikan

Matematika Dan Sains, 2(2), 44–49.

https://doi.org/10.51179/asimetris.v

i2.675

Siregar, M. U., Siregar, N., & Tarigan, B.

(2023). Peningkatan Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa

Dengan Model Pembelajaran

Berbasis Masalah Di SMA Negeri 6

Medan. Jurnal Fibonaci, 4(1), 53–

https://doi.org/doi.org/10.24114/jfi.

v2i1

Trigunawan, I. N. (2020). Penerapan

pendekatan pemecahan masalah

terbuka ( open ended ) dalam

meningkatkan hasil belajar

matematika siswa. 10(1), 53–59.

Ulyawati, M. (2020). Kemampuan

komunikasi matematis dalam

menyelesaikan soal cerita ditinjau

dari gaya kognitif field dependent

(FD). Kontinu: Jurnal Penelitian

Didaktik Matematika, 4(2), 125.

https://doi.org/10.30659/kontinu.4.

125-135

Usman, M. R. (2019). Meningkatkan

kemampuan komunikasi matematis

siswa melalui strategi pembelajaran

relating, experiencing, applying,

cooperating, dan transfering (react).

SIGMA (Suara Intelektual Gaya

Matematika), 11(2), 160–167.

Winanti, K., Yuliyani, Y., & Agoestanto, A.

(2017). Meningkatkan kemampuan

komunikasi matematis dan

kedisiplinan siswa kelas xi sma n 5

semarang melalui model pbl materi

transformasi geometri. Jurnal

Profesi Keguruan, 3(2), 197–204.

https://journal.unnes.ac.id/nju/ind

ex.php/jpk

Winarsih. (2022). Peningkatan

kemampuan pemecahan masalah

matematika pada materi vektor

menggunakan model problem based

learning siswa kelas x mia sman 1

balai riam tahun pelajaran

/2022. Meretas : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 9(1), 64–76.

Zakeus, S. (2022). Peningkatan

kemampuan komunikasi matematis

siswa melalui penerapan model

pembelajaran problem based

learning. Journal of Comprehensive

Science, 1(4), 482–503.

https://jcs.greenpublisher.id/index.

php/jcs/article/view/77/82https://j

cs.greenpublisher.id/index.php/jcs/

article/view/77/82

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mukaromah, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Open Ended Problem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1370–1378. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5270

Issue

Section

Prosiding 2023