295. Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar pada Peserta Didik SMP
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar, Discovery LearningAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 34 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan hasil belajar peserta didik dari mulai pra siklus hingga siklus II. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dapat dilihat melalui persentase kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pra siklus sebesar 55,88%, siklus I sebesar 69,61%, dan siklus II sebesar 85,78%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pula melalui presentase hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya, yaitu pra siklus sebesar 41,18%, siklus I sebesar 64,71%, dan siklus II sebesar 82,35%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada materi garis dan sudut mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik.