Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Pendektan Teaching At The Right Level (TaRL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII
Keywords:
TaRL, Hasil Belajar, PeningkatanAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP N 6 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII B SMP N 6 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar evaluasi/refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes berupa soal uraian yang diberikan keapada peserta didik pada akhir setiap siklus untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan pendekatan TaRL pada materi garis dan sudut terjadi peningkatan hasil belajar yaitu prasiklus sebesar 0%, siklus I sebesar 11,76%, dan siklus II sebesar 88,23%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL pada materi garis dan sudut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik aspek kognitif.
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Awaluddin, M. R. N., Hamdani, Hartoyo, A., Bistari, & Siregar, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTS Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 205–216. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20189
Edizon, & Zan, M. A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 18939–18949.
Jayanti, M. K., Nuroso, H., & Sumarmiyati. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 5(5), 146–159.
Rahmat, W., Marzuki, K., & Rahayu, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 17 Pare-Pare. Pinisi: Journal of Teacher Professional , 2(4), 337–351. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp
Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94
Sinulingga, S. (2022). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Menghadapi Perkembangan Tehnologi Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 142–147.
Sulistianingsih, & Wismanto, A. (2024). Efektivitas Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) di SMA. Jurnal Bastara, 9(3), 664–675. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i3.544
Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JURNAL SOKO GURU, 3(1), 1–9. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php