Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Pendektan Teaching At The Right Level (TaRL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII

Authors

  • Jaka Wisnu Wardana Universitas PGRI Semarang
  • Lilik Ariyanto Universitas PGRI Semarang
  • Purwanto SMP N 6 Semarang

Keywords:

TaRL, Hasil Belajar, Peningkatan

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP N 6 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII B SMP N 6 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar evaluasi/refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes berupa soal uraian yang diberikan keapada peserta didik pada akhir setiap siklus untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan pendekatan TaRL pada materi garis dan sudut terjadi peningkatan hasil belajar yaitu prasiklus sebesar 0%, siklus I sebesar 11,76%, dan siklus II sebesar 88,23%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL pada materi garis dan sudut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik aspek kognitif.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Awaluddin, M. R. N., Hamdani, Hartoyo, A., Bistari, & Siregar, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTS Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 205–216. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20189

Edizon, & Zan, M. A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 18939–18949.

Jayanti, M. K., Nuroso, H., & Sumarmiyati. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 5(5), 146–159.

Rahmat, W., Marzuki, K., & Rahayu, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 17 Pare-Pare. Pinisi: Journal of Teacher Professional , 2(4), 337–351. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Sinulingga, S. (2022). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Menghadapi Perkembangan Tehnologi Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 142–147.

Sulistianingsih, & Wismanto, A. (2024). Efektivitas Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) di SMA. Jurnal Bastara, 9(3), 664–675. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i3.544

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JURNAL SOKO GURU, 3(1), 1–9. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Jaka Wisnu Wardana, Lilik Ariyanto, & Purwanto. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Pendektan Teaching At The Right Level (TaRL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 92–98. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6343

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)