Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Matematika
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, CanvaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP N 6 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas pada pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbasis Canva. Subjek penelitian adalah 34 siswa SMP N 6 Semarang kelas VII E. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar evaluasi/refleksi, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi berupa lembar pengamatan dan tes berupa soal uraian yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis Canva memperoleh hasil belajar yang meningkat yakni dari rata-rata nilai 52,03 pada pra siklus meningkat menjadi 75,06 pada siklus I kemudian menjadi 87,82 diperoleh pada siklus II. Demikian juga terjadi peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa dari 14,71% pada tes awal menjadi 61,76% pada tes siklus I dan meningkat lagi menjadi 91,18% pada tes siklus II. Kesimpulan yang didapat adalah pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning berbasis Canva pada materi garis dan sudut mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(1), 1-19.
Agustina, B. V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Negeri di Kabupaten Ponorogo. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 19-23.
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78.
Delaria, S., & Syamsiyah, N. (2021). Keunggulan Canva sebagai media pembelajaran poster siswa kelas VIII SMPN 18 Depok tahun pelajaran 2021/2022. Prosiding Samasta.
Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan.
Fitrianingtyas, A. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Jenah, R., Wahdah, N., & Syar, N. I. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Secara Daring Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 178-184.
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas III. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. 10.1109/ITHET.2016.7760744
Lestary, V. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis bibliometrik: fokus penelitian problem based learnig dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 120-125.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Putri, A. A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21-23.
Rahayu, S. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan MIT App Inventor Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Royani, M., & Saufi, M. (2016). Problem based learning : solusi pembelajaran matematika yang pasif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-131.
Saragih, D. I. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Budi Agung Medan Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Software Geogebra. Doctoral Dissertation, Medan: UNIMED.
Sidabutar, R. (2018). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar. Jurnal Pendidikan, 19(2), 98-108.
Susdarwono, E. T. (2020). Analisis Varian Sederhana dan Uji-Scheffe dalam Penelitian Eksperimen Pengajaran Matematika Melalui Pemahaman Filsafat Matematika. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 90-101.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85.
Ulfa, M. (2019). Strategi Pre¬ View, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: jurnal pendidikan matematika, 1(1), 48-55.
Wangi, G. S., & Bukhori, I. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbantuan canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Economic and Education Journal (Ecoducation), 5(1), 1-15.
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.