277. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar dengan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VII E SMP N 6 Semarang

Authors

  • Dwi Rizaristiana
  • Lilik Ariyanto
  • Purwanto

Keywords:

kemampuan penalaran matematis, motivasi belajar, discovery learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berasal dari permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan penalaran matematis untuk menyelesaikan soal matematika dan kurangnya motivasi belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 6 Semarang pada semester genap untuk tahun ajaran 2022-2023. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII E yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan tes berupa soal essay. Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam metodologi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dan II mengalami adanya peningkatan kemampuan matematis yang dimana rata-rata kemampuan penalaran matematis  sebesar 68,566% pada tahap prasiklus, 70,261% pada siklus I dan 79,779% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada aspek motivasi belajar yang dimana rata-rata motivasi belajar sebesar 64% pada prasiklus, 70% pada siklus I dan 77% pada siklus II.  Antara pra siklus dan siklus II terjadi peningkatan rata-rata 11,213% pada kemampuan penalaran matematis dan 13% pada motivasi belajar. Hasilnya dapat dikatakan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rizaristiana, D. ., Ariyanto, L. ., & Purwanto. (2023). 277. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar dengan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VII E SMP N 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 544–555. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3956

Issue

Section

Prosiding 2023