289. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik SMP

Authors

  • Nila Zahrotul Fitriyani
  • Lilik Ariyanto
  • Purwanto

Keywords:

Keaktifan, Hasil Belajar, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII D SMP Negeri 6 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan belajar belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dari mulai pra siklus hingga siklus 2. Peningkatan keaktifan belajar belajar peserta didik dapat dilihat melalui persentase keaktifan belajar belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 57,46%, siklus 1 sebesar 71,72%, dan siklus 2 sebesar 83,38%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pula melalui persentase hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya, yaitu pra siklus sebesar 56,44%, siklus 1 sebesar 67%, dan siklus 2 sebesar 82%.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fitriyani, N. Z. ., Ariyanto, L. ., & Purwanto. (2023). 289. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2574–2584. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3989

Issue

Section

Prosiding 2023