292. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VII G SMP N 6 Semarang

Authors

  • Nur Rifatur Rohmah
  • Lilik Ariyanto
  • Purwanto

Keywords:

Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis dan kurangnya minat untuk belajar matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar matematika melalui implementasi model discovery learning. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Semarang ketika semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian peserta didik kelas VII-G yang berjumlah 32 orang. Sedangkan penelitian ini terjadi selama 2 siklus. Untuk tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model discovery learning dapat membantu peserta didik kelas VII-G SMP N 6 Semarang menjadi lebih menguasai pemahaman konsep matematis dan meningkatnya minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis mengalami peningkatan rata-rata dari pra siklus sebesar 54%, kemudian siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 80%. Siklus I mengalami peningkatan minat belajar matematika sebesar 69%, sedangkan siklus II terjadi kenaikan sebesar 78%. Dari hasil penelitian model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa SMP.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rohmah, N. R. ., Ariyanto, L. ., & Purwanto. (2023). 292. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VII G SMP N 6 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2606–2616. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3995

Issue

Section

Prosiding 2023