PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 6 SEMARANG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING MATERI GARIS DAN SUDUT

Authors

  • Sukma Dwi Febriyanti Universitas PGRI Semarang
  • Lilik Ariyanto Universitas PGRI Semarang
  • Purwanto SMP Negeri 6 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar masih rendah dan belum mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teacing (CRT) pada materi Garis dan Sudut. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 6 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 58.82% dengan nilai rata rata 72.35 pada pra siklus menjadi 64.70% dengan nilai rata rata 78.67 pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 88.24% dengan nilai rata rata 99.05

References

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif,

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193-203.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252

Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching.

Febdhizawati, E. H., Purwati, H., & Budiargo, P. (2023, July). 280. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel pada Materi Statistika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 2486-2496).

Maulana, M. A., & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 153-163.

Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). “Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa.” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 99–104.

Gay, (2000). Culturally Responsive Teaching: Theory, Trastice, & Research. New York: Teachers College Press

Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa padaMata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Karu Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393

Rahayu, S. T., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2019, October). Pentingnya model problem based learning dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 448-454).

Rahmawati, Y., Rahman, A., Triwana, M., & Handayani,T.(2017).Pendekatan Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya danKarakter:CulturallyResponsive TeachingTerintegrasiEtnokimia. Journal Of Chemical Information and Modeling, 59(9).

Sapitri, S., & Hartono, H. (2015). Keefektifan Cooperative Learning STAD dan GI Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 273-283.

Suyanta, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas Xi Mipa 3 Sman 1 Bambanglipuro.

Taher,T.(2023).AnalisisKeterampilan KomunikasidanKolaborasiSiswa Introvert dengan Pendekatan Culturally

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Dwi Febriyanti, S., Ariyanto, L., & Purwanto. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 6 SEMARANG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING MATERI GARIS DAN SUDUT . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 48–61. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5842

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)