104. Implementasi Pendekatan Genre Based Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hortatory Exposition Text Pada Siswa Kelas XI Mipa 4 SMAN 02 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Rosita Nailil Farih
  • Fitri Yulianti
  • Fauziah Ratna Hapsari

Keywords:

Menulis, Pendekatan Genre Based Approach, Hortatory Exposition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Genre Based Apporach terhadap keterampilan menulis teks Hortatory Exposition pada siswa kelas XI 4 SMAN 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi.  Instrument penelitian pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penelitian tertulis. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 SMAN 02 Semarang dengan jumlah 36 peserta didik terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil pra-siklus menunjukkan bahwa ketrampilan menulis siswa dalam Hortatory Exposition masih rendah dengan presentase siswa yang tuntas sebesar 14%. Setelah dilakukan penerapan pendekatan Genre Based Approach pada pembelajaran di siklus I  terjadi peningkatan kemampuan menulis teks Hortatory Exposition presentase sebesar 58% . kemudian pada siklus II menunjukkan hasil peningkatan yang cukup signifikan dengan presentase siswa yang tuntas mencapai 88%. Dengan demikian, penggunaan pendekatan Genre Based Approach dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks Hortatory Exposition pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA N 2 Semarang.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Farih, R. N. ., Yulianti, F. ., & Hapsari, F. R. . (2023). 104. Implementasi Pendekatan Genre Based Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Hortatory Exposition Text Pada Siswa Kelas XI Mipa 4 SMAN 02 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 947–956. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4042

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)