98. Improving Students’ Writing Skills in Exposition Text through Problem-based Learning and Outlining at SMAN 6 Semarang
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah,, Outlining, Menulis Teks EksposisiAbstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui keadaan awal tulisan siswa sebelum penerapan teks Eksposisi dengan menggunakan model Problem-based Learning dan teknik outlining; 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning dan teknik outlining dalam menulis teks eksposisi; 3) mengetahui hasil penerapan model Problem Based Learning dan teknik outlining dalam menulis Exposition Text. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diambil dari data dua siklus observasi proses pembelajaran (mencatat) analisis. Sedangkan data kuantitatif diambil dengan membandingkan skor keterampilan menulis siswa pada pra-perlakuan, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-J SMAN 6 Semarang. Jumlah siswa seluruhnya 36 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Hasil dari keadaan awal menggunakan observasi menunjukkan bahwa siswa kekurangan kosa kata, bingung menyusun kata menjadi kalimat dalam bahasa Inggris, dan tidak memiliki ide untuk menulis. Kemudian, hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan model problem-based learning dan teknik outlining dapat meningkatkan kemampuan siswa pada ranah keterampilan menulis. Hasil pra-perlakuan menunjukkan skor rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa adalah 61,3611. Setelah diberikan perlakuan pada siklus I rata-rata skor pengetahuan siswa meningkat menjadi 78,41667 dan naik menjadi 84,41667 pada siklus II. Meski begitu, pada siklus terakhir enam siswa tidak dapat mencapai passing grade yang ditetapkan guru. Hasilnya, model Problem Based Learning dan teknik outlining dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa.