93. The Sentence Guided Writing To Improve Senior High School Students' Writing Skill On Hortatory Exposition

Authors

  • E. Desa Putri
  • A. Setyadi
  • Mulyani

Keywords:

hortatory exposition, kemampuan menulis, sentence guided

Abstract

Kemampuan menulis dan mengorganisasikan kalimat-kalimat gagasan menjadi sebuah teks yang utuh kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 6 Semarang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis hortatory exposition siswa dengan berbantuan sentence guided pada kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 6 Semarang. Dalam penelitian ini dibatasi pada kemampuan menulis hortatory exposition siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 6 Semarang. Urutan kegiatan ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan deskripsi presentase. Adapun kriteria keberhasilan penelitian yaitu minimum 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis hortatory exposition siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan diatas kriteria pada siklus I sampai siklus II. Pada tahap pra siklus terdapat 6% tuntas dengan rata-rata kelas 63,72 kemudian pada siklus I presentase siswa tuntas meningkat menjadi 72% dengan rata-rata kelas 78,97 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 86% siswa tuntas dengan rata-rata kelas 85,72.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Putri, E. D. ., A. Setyadi, & Mulyani. (2023). 93. The Sentence Guided Writing To Improve Senior High School Students’ Writing Skill On Hortatory Exposition. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 846–859. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4031

Issue

Section

Prosiding 2023