107. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Hortatory Exposition Melalui Teknik Clustering Kelas XI Mipa 3 SMA N 2 Semarang
Keywords:
Teknik Clustering, Keterampilan Menulis, Teks Hortatory ExpositionAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada permasalahan yang dialami oleh peneliti sebagai guru praktikan Bahasa Inggris di SMA N 2 Semarang. Berdasarkan hasil asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif terhadap peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMA N 2 Semarang, menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks hortatory exposition peserta didik kelas XI MIPA 3 masih kurang memuaskan. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan teknik clustering. Teknik ini dipilih karena dirasa tepat untuk peserta didik kelas XI MIPA 3 yang rata-rata memiliki gaya belajar visual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Teknik Clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis teks hortatory exposition peserta didik? serta apa kelebihan dan kekurangan dari teknik tersebut?”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Dalam penelitian ini, peneliti dan kolaborator bekerja sama dalam menyusun rencana pembelajaran, mengimplementasikan tindakan, mengamati tindakan, dan melakukan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 pada SMA N 2 Semarang yang berjumlah 35 peserta didik pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik ini dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks hortatory exposition. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai tes tulis individu pada siklus 1 yang tuntas di atas KKM yaitu sebanyak 18 peserta didik yakni 51%. Sedangkan pada siklus 2 peserta didik yang tuntas di atas KKM meningkat menjadi 29 anak yakni 83% dari 35 peserta didik kelas XI MIPA 3. Walaupun membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk prewriting, teknik clustering efektif dalam meningkatkan keaktifan dan motivasi peserta didik untuk menulis teks hortatory exposition.