334. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode

Authors

  • Putri Sukrotin Ni’mah
  • Husni Wakhyudin
  • Anna Setyaningsih

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas telah dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Quizizz. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD 05 Margorejo, dengan jumlah siswa 18 anak. Studi ini bertujuan untuk menentukan apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan berbantuan media Quizizz Paper Mode dapat meningkatkan kemampuan siswa hasil belajar dan kegiatan belajar. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar muatan pelajaran Pendidikan Pancasila yang meliputi kognitif, afektif, psikomotorik aspek, serta aktivitas belajar siswa, sebagai juga kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 terus meningkat. Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik 50 dengan prosentase 50%. Kemudian Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 75,5 dengan prosentase meningkat menjadi 72%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 88,5 dan prosentase menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu game Quizizz Paper Mode dapat meningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ni’mah, P. S. ., Wakhyudin, H. ., & Setyaningsih, A. . (2023). 334. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2983–2989. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4100

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)